Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Iklan Rel Samping Google AdSense, dan apakah penerbit harus menggunakannya?

Google AdSense telah memperkenalkan format iklan baru yang disebut Side Rails. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu Iklan Rel Samping, cara kerjanya, dan apakah itu opsi yang bagus untuk penayang.


Apa itu Iklan Side Rail Google AdSense?

Pada 30 November 2022, Google AdSense mengumumkan format iklan baru yang disebut Side Rails. Rel Samping adalah iklan yang menempel di sisi laman Anda saat dilihat di perangkat layar lebar, seperti desktop.


Ini adalah pertama kalinya unit iklan jenis ini tersedia di Google AdSense. Sebelumnya, kebijakan Google melarang penggunaan lebih dari satu format lengket vertikal pada halaman yang sama.

Apa itu Iklan Rel Samping Google AdSense, dan apakah penerbit harus menggunakannya?


Bagaimana cara kerja Iklan Rel Samping Google AdSense – dan di mana iklan ini dapat digunakan?

Sejak 13 Desember, Iklan Rel Samping Google AdSense secara otomatis mulai muncul di situs penerbit jika iklan jangkar diaktifkan di AdSense. Rel Samping Google AdSense, dapat dinonaktifkan di panel kontrol, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:


Iklan Rel Samping akan muncul di kedua sisi konten utama halaman, jika tersedia cukup ruang untuk iklan tersebut. Artinya, mereka biasanya hanya akan ditampilkan di layar desktop yang lebih lebar dan tidak dapat digunakan di perangkat seluler.


Apa keuntungan dari Iklan Side Rail Google AdSense?

Iklan Rel Samping Google AdSense adalah cara yang baik untuk memonetisasi layar yang lebih lebar di desktop karena umumnya menempati ruang kosong di layar dan tidak mengganggu pengguna karena tidak bentrok dengan konten. Format iklan ini selalu terlihat dan memiliki keterlihatan yang bagus, yang bagus untuk pengiklan dan cenderung menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi bagi penayang.


Selain itu, karena sekarang tersedia di Google AdSense dan disisipkan secara otomatis, mudah bagi penayang yang lebih kecil sekalipun tanpa banyak pengetahuan teknis untuk menggunakan format ini.


Alternatif untuk Google AdSense Side Rail Ads – Mirror Sticky Ads dari Clickio

Namun, penting untuk dicatat bahwa ide di balik iklan side rail bukanlah hal baru dan format serupa telah tersedia dari jaringan iklan lain selama bertahun-tahun.


Misalnya, Clickio menawarkan berbagai format iklan melekat , yang memastikan keterlihatan tinggi dengan tetap di tempatnya saat pengguna men-scroll. Iklan Mirror Sticky Clickio muncul di kedua sisi layar, di luar konten utama, seperti Side Rails dan penerbit di jaringan kami telah menikmati pendapatan dari penempatan iklan semacam itu selama bertahun-tahun. Biasanya iklan yang dicerminkan memiliki bentuk dan format yang sama, yang menciptakan simetri tambahan pada halaman dan membuatnya lebih serasi secara visual.


Clickio Mirror Sticky Ads vs Google AdSense Side Rails

Sekilas kedua format tersebut mungkin tampak identik, Mirror Sticky Ads dari Clickio sebenarnya memiliki tiga keunggulan utama dibandingkan Side Rail Ads.


Persaingan dari lebih banyak sumber permintaan

Iklan Rel Samping Google AdSense hanya dapat mengakses permintaan dari AdSense, sedangkan Clickio Mirror Stickies memungkinkan beberapa sumber permintaan premium bersaing untuk mendapatkan tayangan iklan, melalui Google Ad Manager 360, Bidding Terbuka, dan Bidding Header. Persaingan yang meningkat berarti penayang cenderung mendapatkan tawaran yang lebih tinggi dari pengiklan dan melihat peningkatan pendapatan.


Akses ke teknik pengoptimalan tingkat lanjut

Platform bertenaga AI Clickio menggunakan pengoptimalan harga minimum yang dinamis untuk memaksimalkan pendapatan dari setiap tayangan iklan. Selain itu, penerbit memiliki akses ke fitur seperti format multi-iklan dan penyegaran iklan cerdas yang dapat memaksimalkan pendapatan dari satu unit iklan sekaligus menghargai pengalaman pengguna.


Dukungan yang dipersonalisasi dari manajer akun khusus

Meskipun mudah untuk memulai dengan AdSense, jika ada yang tidak beres maka penayang dibiarkan berjuang sendiri. Di sisi lain, semua penayang yang bekerja dengan Clickio dapat memanfaatkan dukungan teknis ahli kami, bersama dengan pengelola akun khusus, tersedia untuk menawarkan saran tentang penyiapan iklan terbaik atau membantu menyelesaikan masalah apa pun dengan cepat.


Haruskah penerbit menggunakan Iklan Side Rail Google AdSense?

Seperti yang telah kita lihat, Rel Samping dapat menjadi cara sederhana untuk meningkatkan pendapatan dengan format visibilitas tinggi, sehingga bisa menjadi ide bagus bagi penayang kecil dengan kapasitas terbatas untuk mengoptimalkan situs mereka.


Namun, alternatif seperti Clickio Mirror Sticky Ads cenderung menjadi opsi yang lebih baik bagi mereka yang ingin melihat lebih jauh dari AdSense, karena mereka dapat memberikan akses ke lebih banyak persaingan, meningkatkan peluang pengoptimalan, dan meningkatkan dukungan.