Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[LENGKAP] Prioritas Upgrade Th 12, Clash Of Clans Indonesia!

Prioritas Upgrade Th 12

Prioritas Upgrade Th 12 merupakan topik yang MasHabibi bahas pada artikel kali ini. Namun bagi sobat yang baru naik ke th 11, sobat bisa membaca Prioritas upgrade th 11

Th 12 pertama kali dirilis oleh Supercell pada tahun 2018 lalu. Listrik menjadi tema pada th 12 ini. Yang mana, selain menjadi balai kota, balai kota th 12 juga menjadi pertahanan dengan mengeluarkan sengatan listrik seperti tesla tersembunyi.

Pada th 12, sobat juga sudah bisa membeli bengkel. Dengan bengkel, sobat bisa membuat mesin pengepungan yang kemudian bisa sobat bawa ketika melakukan penyerangan terhadap base musuh. 

Selain itu, pada th 12 sobat juga sudah bisa melakukan upgrade pada berbagai bangunan, pertahanan, dan troops. Namun, melakukan upgrade ini tidak boleh asal-asalan. 

Melainkan sobat harus mengetahui apa yang harus terlebih dahulu sobat utamakan. Oleh karena itu, MasHabibi akan menjelaskan Prioritas upgrade th 12.

Namun sebelum itu, sobat juga harus memenuhi beberapa saran persyaratan ketika hendak melakukan Prioritas upgrade seperti artikel ini. Berikut saran syaratnya.

  1. Semua bangunan dan defense pada th 11 sudah max
  2. semua troops pada th 11 sobat sudah max semua.
  3. Gold, Eliksir dan dark Eliksir sudah penuh ketika baru naik ke th 12.

Kalo persyaratan tersebut sudah terpenuhi, sobat bisa langsung mengikuti Prioritas seperti artikel ini. Kalo belum, terserah kamu dech…

Prioritas Upgrade Th 12

Seperti biasanya, MasHabibi akan membagi menjadi 3 bagian. Yaitu:

  1. Prioritas Upgrade Bangunan Th 12
  2. Prioritas upgrade Troops Th 12
  3. Prioritas Upgrade Defense Th 12


Prioritas Upgrade Bangunan Th 12

1.laboratorium

Prioritas Upgrade Th 12


Laboratorium sangat penting bagi peleton sobat, peleton sobat akan mendapatkan kualitas lebih baik lagi dengan melakukan peningkatan pada peleton tersebut. Namun, untuk melakukan hal ini, sobat semestinya harus meningkatkan laboratorium terlebih dahulu, ya kan?


2.Bengkel

Prioritas Upgrade Th 12

Ini nih, bangunan baru yang sudah bisa sobat dapatkan ketika baru naik ke th 12. Dengan melakukan pembangunan terhadap bengkel, sobat akan mendapatkan mesin pengepungan. Dengan demikian, sobat jadi bisa membawa mesin pertempuran ketika melawan base musuh sesama th 12.


3.Kamp Tentara

Prioritas Upgrade Th 12


Selain kualitas peleton yang perlu sobat dapatkan dengan Upgrade pada laboratorium, sobat juga harus memerhatikan kuantitas peleton sobat.

Dengan melakukan peningkatan pada kamp tentara, sobat bisa melatih Peleton lebih banyak lagi untuk sobat bawa ketika menyerang base lawan.


4.Penyimpanan

Prioritas Upgrade Th 12

Prioritas upgrade Th 12 yang keempat ialah penyimpanan. Baik itu penyimpanan emas, Eliksir dan dark eliksir. Kenapa mesti ini mas? Karena ketika nantinya sobat meningkatkan pahlawan, sobat memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih. Karena peningkatan pahlawan sudah mulai ‘expensive’, lho!


5.Barak

Prioritas Upgrade Th 12

Sobat akan mendapatkan peleton baru dengan meningkatkan barak. Selain itu, meningkatkan barak juga akan menurunkan waktu latihan sebuah peleton. Dengan demikian, sobat tidak perlu menunggu lama untuk melatih Peleton baru ini.


6.Kastel Klan

Prioritas Upgrade Th 12

Sobat akan mendapatkan 40 slot peleton ketika meningkatkan kastel klan. Dengan ini, sobat bisa membawa peleton yang lebih banyak ketika melakukan penyerangan. Seperti 2 naga, 8 balon,8 hog raider, dan lain-lain.


Prioritas Upgrade Troops Th 12

Prioritas Upgrade Troops Th 12 terbagi menjadi 3 kategori, yaitu farming, war, dan hybird. Peningkatan troops dari ketiga kategori ini tentunya berbeda-beda. Jadi cukup pilih satu aja ya! Simak berikut ini.


1.Farming

Farming ialah berfokus mencari loot sebanyak-banyaknya sehingga base clasher bisa menjadi kaya degan cepat. Berikut. Berikut ialah prioritas Upgrade Troops kategori farming pada town hall 12.

  1. Wizard
  2. Bayi Naga
  3. Yeti
  4. Golem es

Untuk tehnik menyerang seperti ini, sobat bisa nonton video berikut.

2.War

War ialah berfokus mencari bintang war sebanyak-banyaknya dengan menggunakan troops berat. War terbagi dua, yaitu war darat dan udara. Berikut Prioritas Upgrade Troops kategori war darat maupun udara pada th 12.

War darat:

  1. Bowler
  2. Hog Raider
  3. Healer
  4. Wizard
  5. Valkrie

War Udara:

  1. Naga Elektro
  2. Balon
  3. Anjing Lava
  4. Minion
  5. Archer


3.Hybird

Hybird artinya berfokus kepada farming dan war, artinya seimbang antara mencari bintang war dan mencari loot. Berikut Prioritas Upgrade Troops kategori hybird pada th 12

  1. Hog Raider
  2. Penambang
  3. Minion
  4. Wizard
  5. Penghancur Tembok
  6. Goblin
  7. Healer
  8. Anjing Lava


Prioritas Upgrade Defense Th 12

1.Giga Tesla

Prioritas Upgrade Th 12

Ini bukan Upgrade Th ke level 13 ya, melainkan melakukan peningkatan pada town hall 12 yang mempunyai total 5 bintang. 

Seperti yang kita ketahui, balai kota 12 juga termasuk pertahanan karena bisa menyerang peleton musuh. Semakin tinggi bintangnya, maka damage yang bangunan ini hasilkan juga semakin besar.


2.Eagle Artillery

Prioritas Upgrade Th 12

Bangunan satu ini mempunyai damage yang cukup tinggi dan jangkauan serangan yang sangat luas. Oleh karena itu, Sobat musti melakukan peningkatan terhadap bangunan ini. 

Biasanya supaya mencegah hancur terlalu cepat, Eagle Artillery diletakkan pada bagian tengah base. Sehingga peleton musuh harus menghancurkan bangunan lainnya untuk menjangkau eagle Artillery.


3.Menara Inferno

Prioritas Upgrade Th 12

Selain mempunyai damage yang cukup tinggi, menara Inferno juga mempunyai darah yang juga tinggi. Sehingga tidak mudah untuk peleton bahkan pahlawan untuk menghancurkan bangunan satu ini.

Biasanya para clasher menggunakan spell pembeku supaya meminimalisir damage yang menara Inferno hasilkan.


4.Wizard Tower

Prioritas Upgrade Th 12

Prioritas Defense upgrade Th 12 yang keempat ialah wizard tower. Wizard tower memiliki damage tinggi dengan tipe kerusakan percikan area. 

Sehingga bangunan pertahanan ini bisa dengan mudah menangkal serangan peleton yang bertumpuk seperti hog raider.


5.X-BOW

Prioritas Upgrade Th 12

Busur X mempunyai kecepatan tembakan yang sangat tinggi, sehingga dengan mudah mampu menangkal serangan peleton dengan darah yang tidak terlalu besar.

Selain itu, X-BOW mempunyai kelebihan yaitu memiliki jarak tembak yang luas ketika mode only darat aktif. Namun sayangnya mode ini tidak bisa menembak peleton udara.


6.Air Defense

Prioritas Upgrade Th 12


Air defense bisa melumpuhkan peleton udara dengan cepat. Walaupun tidak bisa menyerang peleton darat, setidaknya sobat sudah berhati-hati ketika ada clasher yang menyerang dengan peleton udara. 

Selain itu, kombinasikan pertahanan udara sobat dengan jebakan udara tersembunyi lainnya.


7.Tesla Tersembunyi

Prioritas Upgrade Th 12


Sering saya katakan, walaupun bodynya yang kecil, tapi damage yang bangunan ini hasilkan sangatlah besar. 

Tesla tersembunyi juga sangat dibenci para clasher karena tidak terlihat. Dan sewaktu-waktu bisa mengejutkan musuh sehingga strategi yang awalnya benar menjadi salah total


8.Menara Pemanah

Prioritas Upgrade Th 12

Prioritas Upgrade Th 12 yang terakhir ialah menara pemanah. Bangunan pertahanan satu ini termasuk multi fungsi karena bisa menyerang peleton udara dan darat. 

Bukan hanya itu, semakin tinggi level menara pemanah, semakin tinggi pula darah dan damage yang ia punya.

Nah, itulah beberapa bangunan pertahanan yang harus sobat Prioritaskan ketika baru naik ke th 12. Untuk bangunan lainnya, bisa sobat Upgrade Setelah Prioritas diatas sudah sobat Upgrade. Sobat juga bisa membaca base th 12 terkuat.

Sudah tahukan Prioritas Upgrade Th 12, tunggu apalagi? Yuk langsung praktikkan pada base sobat! Semoga bermanfaat.