Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan yang di Sukai Jin dan Setan

Makanan yang di Sukai Jin dan Setan

Jin dan setan adalah makhluk halus yang tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dari api yang menyala-nyala. Mereka memiliki akal, nafsu, dan kehendak, serta dapat beriman atau kafir. Mereka juga dapat berinteraksi dengan manusia, baik dengan cara yang baik maupun yang buruk.

Salah satu cara interaksi yang buruk adalah dengan memakan makanan yang dimakan oleh manusia, atau makanan yang menjadi sisa-sisa manusia. Jin dan setan dapat memakan makanan tersebut dengan cara yang tidak terlihat oleh manusia, atau dengan cara yang dapat mengganggu manusia. Tujuan mereka adalah untuk mengotori, menghabiskan, atau merusak makanan tersebut.

Berikut adalah beberapa makanan yang di sukai jin dan setan, beserta cara menghindari dan mengusirnya.

1. Tulang dan Kotoran

Tulang dan kotoran merupakan salah satu makanan yang di sukai jin dan setan. Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

“Janganlah kalian beristinja (membersihkan kotoran pada dubur) dengan kotoran dan jangan pula dengan tulang karena keduanya merupakan bekal bagi saudara kalian dari kalangan jin.” (HR. Tirmidzi no. 18).

Untuk menghindari dan mengusir jin dan setan dari tulang dan kotoran, kita harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kita harus membersihkan kotoran dengan air bersih, dan tidak membuangnya sembarangan. 

Kita juga harus membuang tulang dengan cara yang benar, yaitu dengan membungkusnya dengan kertas atau plastik, dan tidak membiarkannya terbuka. Kita juga harus membaca doa-doa perlindungan, seperti basmalah, ayat kursi, dan surat-surat pendek.

2. Khamar

Khamar atau minuman yang memabukkan termasuk minuman yang di sukai jin dan setan. Dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 90)

Untuk menghindari dan mengusir jin dan setan dari khamar, kita harus menjauhi minuman yang memabukkan, baik itu berupa alkohol, narkoba, atau lainnya. Kita harus menyadari bahwa minuman tersebut dapat merusak akal, tubuh, dan jiwa kita. 

Kita juga harus mengingat bahwa minuman tersebut dapat menjerumuskan kita ke dalam dosa dan neraka. Kita juga harus membaca doa-doa perlindungan, seperti basmalah, ayat kursi, dan surat-surat pendek.

3. Makanan yang Tidak Disebut Nama Allah

Makanan yang tidak disebut nama Allah Subhanahu wa ta’ala sebelum dimakan termasuk makanan yang di sukai jin dan setan. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila salah seorang di antara kalian hendak makan, hendaklah ia menyebut nama Allah. Jika ia lupa menyebut nama Allah pada permulaan, hendaklah ia mengucapkan: ‘Bismillahi fi awwalihi wa akhirihi (Dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan akhirnya).’” (HR. Tirmidzi no. 1858).

Untuk menghindari dan mengusir jin dan setan dari makanan yang tidak disebut nama Allah, kita harus selalu mengucapkan basmalah sebelum makan. Kita harus menyadari bahwa makanan tersebut adalah nikmat dari Allah Subhanahu wa ta’ala, dan bahwa kita harus bersyukur kepada-Nya. 

Kita juga harus mengingat bahwa makanan tersebut adalah halal dan baik untuk kita. Kita juga harus membaca doa-doa perlindungan, seperti basmalah, ayat kursi, dan surat-surat pendek.

4. Darah

Darah merupakan salah satu zat yang harus dihilangkan, baik itu darah luka maupun darah haid. Darah yang tidak dihilangkan dapat menjadi sumber makanan bagi jin dan setan. Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menyampaikan:

“Janganlah kalian memakan daging yang tidak disembelih dengan menyebut nama Allah, karena sesungguhnya itu adalah fisq (dosa). Dan janganlah kalian memakan darah yang mengalir, karena sesungguhnya itu adalah najis (kotor).” (HR. Muslim no. 1966).

Untuk menghindari dan mengusir jin dan setan dari darah, kita harus selalu menjaga kebersihan darah. Kita harus membersihkan darah dengan air bersih, dan tidak membiarkannya mengering atau menempel. 

Kita juga harus membuang pembalut atau kapas yang berdarah dengan cara yang benar, yaitu dengan membungkusnya dengan kertas atau plastik, dan tidak membiarkannya terbuka. Kita juga harus membaca doa-doa perlindungan, seperti basmalah, ayat kursi, dan surat-surat pendek.

5. Bangkai

Bangkai atau mayat, baik itu manusia atau hewan, termasuk makanan yang di sukai jin dan setan. Bangkai yang tidak dikuburkan atau dibakar dapat menjadi sumber bau busuk dan penyakit. 

Bangkai juga dapat menarik perhatian jin dan setan yang suka mengganggu orang yang hidup. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila salah seorang di antara kalian meninggal dunia, hendaklah ia segera dikuburkan.” (HR. Bukhari no. 1315).

Untuk menghindari dan mengusir jin dan setan dari bangkai, kita harus selalu menjaga kehormatan bangkai. Kita harus menguburkan atau membakar bangkai dengan cara yang syar’i, yaitu dengan membersihkan, mengkafani, dan menshalatkan bangkai. 

Kita juga harus membaca doa-doa perlindungan, seperti basmalah, ayat kursi, dan surat-surat pendek. Kita juga harus menghindari tempat-tempat yang banyak bangkai, seperti kuburan, rumah sakit, atau tempat pembuangan sampah.


Demikianlah beberapa makanan yang di sukai jin dan setan, beserta cara menghindari dan mengusirnya. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala melindungi kita dari gangguan jin dan setan yang dapat merusak iman dan akhlak kita. 

Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang bersih, suci, dan bercahaya. Amin.