Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah, Cepat dan Gratis Membuat Curriculum Vitae (CV/Resume)

Cara Mudah, Cepat dan Gratis Membuat Curriculum Vitae (CVResume)

mashabibi.com - Curriculum Vitae (CV) atau disebut juga daftar riwayat hidup adalah lembar yang paling dibutuhkan untuk melamar kerja. biasanya untuk lulusan baru atau fresh graduate sangat membutuhkan CV untuk kelengkapan berkas melamar kerjad disuatu perusahaan. 

Seorang Fresh Graduate atau lulusan baru pasti bingung bagaimana sih cara membuat CV/Resume. CV/Resume dapat dibuat manual dengan banyak cara bisa dengan menggunakan microsoft word, photoshop, corel draw dan lainnya.

Namun tidak semua lulusan baru dapat menguasai aplikasi seperti microsoft word, photoshop, corel draw dan lainnya ini. Maka kebanyakan lulusan membuat CV /Resume dengan cara Nempah ke jasa pembuatan CV/Resume. 

Menurut mashabibi, menempah sangatlah tidak efektif, kenapa begitu? karena akan banyak hal terjadi diantaranya adalah data diri kamu dapat disalah gunakan oleh si pembuat CV /Resume tersebut.

Hal ini akan sangat berbahaya untuk sobat kedepannya karena banyak kejahatan terjadi berkaitan dengan lowongan pekerjaan, jadi berhati hatilah dalam menempah CV/Resume pada orang yang tidak dikenal, bahkan pada orang yang sobat kenal sekalipun tetap harus waspada.

Membuat  Akun dan Membuat CV /Resume 

Untuk menghindari hal tersebut diatas sebaiknya sobat membuat CV/Resume di situs pembuat CV/Resume Online, dengan mendaftar disitus tersebut sobat akan lebih mudah membuat CV dengan berbagai template yang menarik sehingga CV sobat terlihat profesional dan elegan. 

berikut akan mashabibi rangkum langkah-langkah pendaftaran dan pembuatan CV online tersebut:

1. Pastikan sobat sudah login di akun gmail pada browser, lalu buka google dan ketikkan https://www.cakeresume.com/ 

2. Kemudian pada halaman situs tersebut, klik tombol Buat CV Gratis 

3. Kemudian pilih logo Google+ agar proses pendaftaran lebih cepat


4. Lalu pilih dan klik Pencari Kerja


5. Pada halaman yang muncul klik tombol Ayo Mulai

6. halaman berikutnya pilih Template CV / Resume yang sobat inginkan, lalu klik. Misal template seperti gambar dibawah 

7. Setelah pemilihan template, akan diarahkan ke halaman upload CV, Pada bagian ini klik tombol Lewati

8. Pada halaman selanjutnya akan di minta untuk meng-import profil linkedin sobat, jikat tidak ada silahkan di Lewati

9. Nah pada halaman Profil, sobat di minta untuk mengisi biodata /data profil sobat, lengkapi data sobat, lalu simpan dan klik tombol selanjutnya

10. pada halaman selanjutnya, sobat diminta untuk mengisi Pengalaman Kerja. Jika sudah silahkan simpan dan tambah kan pengalaman jika ada pengalaman lain. lalu klik tombol selanjutnya

11. Kemudian halaman berikutnya isikan Data Pendidikan Sobat, Jika sudah diisi klik simpan dan tambahkan pendidikan jika ada pendidikan lain, jika tidak klik tombol selanjutnya. contoh ilustrasi pada gambar dibawah 

12. Halaman ini meminta sobat untuk mengisi Skill yang sobat miliki, jika sudah klik simpan kemudian klik tombol lanjutkan.

13. Pada halaman ini silahkan isi Deskripsi Diri sobat, bagian ini sangat penting karena HRD akan bisa mengenali karakter sobat dengan membaca deskripsi diri, Contoh ilustrasi deskripsi diri pada gambar dibawah

14. Dihalaman terakhir sobat diminta untuk mengisi Form Preferensi Pekerjaan, Silahkan isi sesuai keinginan sobat ya, Jika sudah klik tombol selesai.


15. Jika sobat sudah yakin dengan semua data diri yang sobat isi, silahkan klik Tombol Selesai

16. Pada halaman yang muncul klik tombol Edit CV, selanjutnya sobat akan di arahkan ke halaman dashboard.

Jika sobat sudah berhasil masuk kehalaman dasboard seperti gambar diatas, maka sobat sudah berhasil membuat CV Online secara gratis. 

Cara Mendownload CV/Resume

Ketika sobat berada dihalaman dasboard, langkah selanjutnya adalah mendownload CV untuk keperluan melamar kerja. berikut cara mendownloadnya:

1. Pada Halaman dasboard, Pilih dan klik menu Resume saya


 2. Scrool ke bawah, pada bagian My CakeResume pilih dan klik lihat 

3. Pada halaman yang muncul klik tombol download pdf / pdf.

4. Selesai, CV akan terdownload otomatis ke perangkat sobat. Contoh CV/Resume mashabibi lihat disini


Demikian tutorial cara mudah dan cepat membuat CV/Resume gratis, untuk mendapatkan template yang lebih keren dan untuk membuat CV lainnya sobat harus meng-upgrate akun sobat di situs tersebut. semoga bermanfaat.