Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kampung Pukat, Desanya Para Juara!

Kampung pukat. Yaitu salah satu kampung yang terletak di Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Pulau Sumatra.

Sampai sekarang pada tahun 2021, Pak Nurdin masih menjabat sebagai kepala desa kampung ini. Beliau menjabat sebagai kepala desa sejak tahun 2017. Teungku Bakhtiar Abu Bakar juga masih menjadi sebagai Teungku umum kampung juara satu ini. Selain itu beliau juga menjadi sebagai Teungku imum mukim paloh yang beranggotakan 7 kampung sekitar.

Kampung pukat juga selalu mengadakan kegiatan yang bisa menjalin kekompakan antara pemuda-pemuda kampung ini. Selain itu, kampung ini juga rutin mengadakan kegiatan akademik maupun non akademik setiap tahunnya.

Beda dengan kampung lainnya di provinsi Aceh, kampung ini sangatlah mandiri dan tak heran menjadi kampung paling mandiri pada kawasan provinsi Aceh. Ekonomi merata membuat penduduk kampung ini selalu sejahtera. Minim narkoba dan perkelahian antar remaja atau kampung menjadi ciri khas kampung ini.

Untuk mengetahui tentang Kampung pukat lebih lanjut. Berikut, kegiatan, prestasi dan kehidupan masyarakat kampung pukat, desanya para juara!


Kegiatan, Prestasi, Dan Kehidupan Masyarakat Kampung Pukat

Berbagai Macam Kegiatan Di Kampung Pukat

Kampung ini rutin mengadakan berbagai macam kegiatan, baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik.


1.Kegiatan Dalam Bidang Akademik

Salah satu kegiatan dalam bidang akademik yang selalu terselenggara tiap tahunnya ialah MTQ. Musabaqah Tilawatil Qur'an selalu terselenggara supaya bisa menjadikan generasi penerus yang mencintai Al-Qur'an. 

Bukan hanya itu, tujuan dari pengadaan MTQ juga untuk menghindarkan generasi dari pengaruh negatif narkoba. Sehingga bakat tersebut bisa berkembang dan bisa bermanfaat terhadap diri sendiri maupun Nusa bangsa melalui ajang-ajang lomba MTQ Internasional.

Buka puasa bersama juga menjadi salah satu kegiatan yang selalu terealisasikan setiap tahunnya pada bulan ramadhan. Hal ini bermaksud supaya masyarakat kampung ini selalu menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat lainnya. Menjalin kekompakan pemuda juga menjadi salah satu tujuan dari acara buka puasa bersama masyarakat kampung pukat.

Bukan hanya berpartisipasi dalam acaranya saja. masyarakat kampung ini juga sering menyedekahkan seekor kambing atau lembu untuk menu konsumsi buka puasa nantinya. 


2.Kegiatan Dalam Bidang Non Akademik

Salah satu contoh dari kegiatan non akademik ialah gotong royong. Masyarakat kampung ini juga sering mengadakan kegiatan gotong royong setiap bulannya. Gotong royong tersebut meliputi gotong royong membersihkan meunasah, pemakaman, irigasi, dan lain-lain.

Semua masyarakat kampung ini dari berbagai macam usia turut hadir mengikuti acara gotong royong ini. Selain membawa keberkahan tersendiri, acara seperti ini juga bisa menambah rasa sosial antar masyarakat.


Prestasi Kampung Pukat 

1.Juara Umum MTQ Tingkat Kemukiman Paloh

Kampung pukat

Kampung ini pernah menjuarai juara umum MTQ tingkat kemukiman Paloh yang pesertanya dari 7 Gampong. kala itu banyak anak-anak kampung pukat yang menjuarai berbagai macam lomba. Seperti cerdas cermat, Tartil Qur'an, Tilawatil Qur'an, Adzan dan masih banyak lainnya.


2.Menjadi Kampung Mandiri, Harmonis, dan minim narkoba se-provinsi Aceh

Selalu mandiri dan tidak tergantung kepada pemerintah, masyarakatnya yang harmonis dan minim narkoba selalu terwujudkan oleh masyarakat kampung ini. Tak heran jika kampung pukat ini menjadi kampung mandiri, harmonis, dan minim narkoba Se-provinsi Aceh.


Kehidupan Masyarakat Kampung Pukat

Kehidupan masyarakat kampung ini sangatlah harmonis, sejahtera dan tentram. Semua masyarakat tentunya menginginkan kehidupan yang seperti ini.

Masyarakat nya yang selalu menjalin kerjasama, mengutamakan keharmonisan, dan sangat baik hati. Minim narkoba, dan kekerasan terealisasikan oleh kampung ini.

Rekomendasi artikel : cara mengerjakan shalat witir

Sekian terimakasih, bagi kalian yang mau tahu lebih tentang kampung ini, kamu bisa bepergian ke kampung ini. Gratis biaya tiket kok! Assalamualaikum.wr.wb

Post a Comment for "Kampung Pukat, Desanya Para Juara!"