Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengerjakan Shalat Witir Yang Baik Dan Benar Beserta Bacaan Doa Setelahnya


Cara Mengerjakan Shalat Witir Yang Baik Dan Benar Beserta Bacaan Doa Setelahnya - Shalat sunah witir ialah shalat sunah yang hukumnya sunah muakkad, yaitu shalat sunah yang sangat diutamakan. Dalam hadits riwayat Abu Dawud: 1416/332 dinyatakan :

Yaa ahlal-qur'aani autiruu ga innallaaha witrun yuhibbul witra

"Hai para ahli Al-Qur'an, kerjakanlah shalat witir, sebab Tuhan itu tunggal (esa). Dia suka kepada bilangan witir (ganjil)"

Pada hadits diatas jelas tertulis bahwa Allah SWT menyukai hambanya yang melakukan shalat witir, shalat witir ini memiliki banyak manfaat atau Fadhilah, salah satunya ialah mendapat Ridha Allah SWT sehingga segala apa yang kita kerjakan di dunia ini diridhai oleh Allah SWT.

Waktu melakukan shalat witir ialah sesudah 'isya sampai terbit fajar, dan biasanya shalat witir itu dirangkaikan dengan shalat tarawih jika pada bulan ramadhan, namun jika pada bulan selain ramadhan, shalat witir biasanya dirangkaikan dengan shalat malam seperti shalat tahajud.

Bilangan raka'at shalat witir ialah 1 Raka'at, atau 3, 5, 7, 9, dan 11. Apabila shalat witir itu banyak, boleh dikerjakan dua rakaat satu salam, kemudian yang terakhir satu raka'at dengan satu salam.

Jumlah sebelas rakaat itu telah cukup, dan inilah yang dikerjakan oleh Rasulullah Saw, sebagaimana dinyatakan oleh Aisyah Ra, yaitu :

"Tidaklah pernah Nabi Saw. Shalat malam (witir) melebihi dari sebelas rakaat."

Berikut cara mengerjakan shalat witir yang baik dan benar beserta bacaan doa setelah shalat witir.


Cara Mengerjakan Shalat Witir Yang Baik Dan Benar Beserta Bacaan Doa Setelah Shalat Witir

Shalat witir dilakukan seperti shalat pada biasanya, namun perbedaannya ialah pada jumlah bilangan raka'at nya dan niat shalat witir.

Lafadz Niat Shalat Witir 1 Raka'at Dan 2 Raka'at

1.Lafadz Niat Shalat Witir 2 Raka'at

ٱصل سنة ركعتين من الوتر الله تعالى

Ushallii sunnatan rak'ataini minal-witri lillaahi ta'aalaa

"Aku niat shalat sunah dua rakaat dari witir karena Allah Ta'ala."

Kemudian dilanjutkan dengan shalat seperti biasanya, yaitu 2 Raka'at 1 salam.

2.Lafadz Niat Shalat Witir 1 Raka'at

ٱصل سنة الوتر ركعة الله تعالى

Ushallii sunnatal-witri rak'atan lillaahi ta'ala

"Aku niat shalat sunah witir satu raka'at karena Allah Ta'ala."

Kemudian di lanjutkan dengan shalat seperti biasanya, namun 1 Raka'at dan 1 salam, di anjurkan membaca 3 surah pendek setelah membaca surah Al-fatihah. 

Berikut bacaan doa yang sangat dianjurkan membacanya setelah shalat witir.

Bacaan Doa Setelah Shalat Witir

Allaahumma innaa nas'aluka iimaanan daa'iman. Wa nas'aluka qalban khaasyi'an wa nas'aluka 'ilman naafi'an. Wa nas'aluka
yaqiinan shaadiqan. Wa nas'aluka ‘amalan shaalihan. Wanas'aluka diinan qayyiman. Wa nas'aluka khairan katsiiran. Wa
nas'alukal-'afwa wal-'aafiyah. Wa nas'aluka tamaamal-“aafiyah. Wa nas'alukasy-syukra ‘alal-'aafiyati wa nas'alukal-ghinaa'a 'anin-naas. Allaahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa qiyaamanaa wa takhasy-syu'anaa wa tadharru'anaa wa ta'abbudanaa wa tammim
taqshiiranaa yaa Allaah yaa Allaah yaa Allaah yaa arhamar-raahimiin. Wa shallallaahu 'alaa khairi khalqihi Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii ajma'iina wal-hamdu lillaahi rabbil-aalamiin.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, ketetapan
keyakinan yang benar, (dapat melaksanakan) amal yang shaleh, tetap dalam agama Islam, diberinya kebaikan yang melimpah-limpah, memperoleh ampunan dan kesehatan, kesehatan yang
sempurna, mensyukuri atas kesehatan kami, dan kami mohon kepada-Mu kecukupan. Ya Allah, ya Tuhan kami, terimalah shalat
kami, puasa kami, rukuk kami, khusyuk kami, ketundukan kami dan pengabdian kami, dan sempurnakanlah kealpaan kami (dalam menunaikan kewajiban), ya Allah, ya Allah, ya Allah, wahai Zat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Semoga Allah memberi rahmat atas sebaik-baik makhluk-Nya yaitu Nabi Muhammad, keluarga,
dan semua sahabatnya. Dan segala puji hanya milik Allah Tuhan seluruh alam."

Demikian artikel Cara mengerjakan shalat witir yang baik dan benar beserta bacaan doa setelah shalat witir, semoga bermanfaat dan dapat menambah amal ibadah baik bagi admin sendiri maupun kamu yang baca, Assalamualaikum.wr.wb