Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan WhatsApp di Empat Perangkat Berbeda


mashabibi.com - Sobat mungkin menyadari bahwa jika sobat menggunakan WhatsApp di desktop atau browser, sobat harus membawa smartphone untuk aktivasi dan kedua perangkat harus memiliki konektivitas internet aktif setiap saat. 

Dengan fitur multi-perangkat WhatsApp, kini Sobat dapat menggunakan akun WhatsApp yang sama pada setidaknya empat perangkat non-ponsel yang berbeda—WhatsApp Web, WhatsApp Desktop untuk Windows, WhatsApp Desktop untuk macOS, dan Portal Facebook—bahkan jika ponsel cerdas Sobat tidak memiliki konektivitas internet.
Artinya, meskipun baterai ponsel Sobat mati, Sobat masih dapat mengakses WhatsApp di keempat perangkat yang terhubung tersebut. 

Setiap kali Sobat mengirim pesan, gambar, tindakan ini akan dilakukan oleh perangkat pendamping yang sama, bukan perangkat utama (smartphone dalam kasus sebelumnya). 

Namun, Sobat tetap tidak akan bisa menggunakan akun WhatsApp yang sama di dua smartphone yang berbeda.

Sebelumnya, WhatsApp menggunakan aplikasi telepon sebagai perangkat utama, dan semua platform lain seperti WhatsApp Web harus bergantung pada koneksi ini. Namun, kini WhatsApp telah memperbarui arsitekturnya untuk memungkinkan Sobat menggunakan akun WhatsApp yang sama di empat perangkat. 

Perusahaan menyebutkan dalamblog posting bahwa fitur baru ini menjaga privasi dan enkripsi ujung-ke-ujungnya sambil memungkinkan pengalaman baru. 

Untuk mencapai dukungan multi-perangkat WhatsApp, WhatsApp menyebutkan bahwa mereka harus memikirkan kembali arsitektur WhatsApp dan merancang sistem baru untuk memungkinkan pengalaman multi-perangkat yang berdiri sendiri.

Selain menjaga privasi dan enkripsi ujung-ke-ujung, WhatsApp juga telah memastikan bahwa data Sobat—nama kontak, arsip obrolan, pesan berbintang, dan banyak lagi—di semua perangkat tetap tersinkronisasi.

Cara Menggunakan Akun WhatsApp yang Sama di Empat Perangkat Berbeda

WhatsApp Multi-Device saat ini hanya tersedia untuk mereka yang menggunakan versi beta WhatsApp, dan fitur baru akan tersedia untuk semua pengguna lain dalam beberapa bulan mendatang.

Di bawah ini adalah prosedur yang perlu Sobat ikuti jika Sobat ingin menggunakan fitur multi-perangkat WhatsApp:
  • Jika Sobat menggunakan versi WhatsApp yang stabil, Sobat harus mendaftar untuk versi beta WhatsApp di Android atau iOS, tergantung pada sistem operasi mana menggunakan smartphone Sobat.
  • Sekarang setelah Sobat masuk ke program beta, Sobat harus membuka WhatsApp di ponsel cerdas Sobat.
  • Sekarang, ketuk ikon tiga titik yang terletak di sisi kanan atas aplikasi.
  • Sobat akan melihat opsi 'Perangkat tertaut'. Sobat harus mengetuknya.
  • Setelah Sobat mengetuknya, Sobat akan melihat opsi 'Multi-perangkat Beta'. Ketuk dan tekan 'Gabung Beta'.
  • Setelah bergabung dengan program beta, WhatsApp akan menampilkan pesan bahwa ketika Sobat bergabung dengan beta, Sobat perlu menautkan perangkat pendamping Sobat lagi dengan memindai kode QR.
  • Buka aplikasi WhatsApp Web atau Desktop di PC atau Mac Sobat.
  • Pindai kode QR yang ditampilkan di WhatsApp Web atau aplikasi Desktop melalui telepon. Setelah pemindaian selesai, akun WhatsApp Sobat akan ditautkan ke aplikasi ponsel Sobat. Itu dia. Sobat sekarang dapat menggunakan akun WhatsApp yang sama di desktop atau Web, tanpa memerlukan perangkat utama Sobat (smartphone) untuk memiliki koneksi internet aktif.
Setelah Sobat menyelesaikan seluruh proses yang kami jelaskan di atas, daftar akan muncul yang akan menampilkan perangkat yang telah Sobat tautkan akun WhatsApp Sobat. 

Jika Sobat tidak ingin lagi menggunakan WhatsApp di salah satu perangkat tertaut Sobat, Sobat dapat mengetuknya dan keluar.

Catatan: Jika Sobat tidak menggunakan ponsel cerdas utama Sobat selama lebih dari 14 hari atau tidak memiliki koneksi internet, perangkat Sobat yang tertaut akan terputus.


Batasan Fitur Multi-Perangkat WhatsApp

Karena fitur baru ini masih dalam tahap beta, fitur ini memiliki beberapa keterbatasan. Pertama, Sobat tidak dapat mengirim pesan atau menelepon dari web, desktop, atau Portal ke pengguna yang memiliki WhatsApp versi lama. 

Selain itu, kinerja dan kualitas fitur baru ini mungkin akan terpengaruh mengingat masih dalam tahap beta. Di bawah ini adalah daftar batasan yang disebutkan oleh WhatsApp:

  • Melihat lokasi langsung di perangkat pendamping.
  • Menyematkan obrolan di WhatsApp Web atau Desktop.
  • Bergabung, melihat, dan mengatur ulang undangan grup dari WhatsApp Web dan Desktop. Sobat harus menggunakan ponsel sebagai gantinya.
  • Mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan WhatsApp versi lama di ponselnya tidak akan berfungsi dari perangkat Sobat yang tertaut.
  • Menelepon dari Portal Facebook atau WhatsApp Desktop ke perangkat tertaut yang tidak terdaftar dalam beta multi-perangkat.
  • Akun WhatsApp lain di Portal Sobat tidak akan berfungsi kecuali akun tersebut telah bergabung dengan multi-perangkat beta.
  • Pengguna WhatsApp Business tidak dapat mengedit nama atau label bisnis mereka dari WhatsApp Web atau Desktop.
Sampai sekarang, WhatsApp belum menyebutkan tanggal kapan fitur baru ini akan dirilis untuk semua penggunanya. Sesuai WhatsApp, 

dukungan multi-perangkat WhatsApp tersedia untuk pengguna di negara-negara terbatas. Kami berharap WhatsApp akan merilis dukungan multi-perangkat WhatsApp untuk semua pengguna sebelum akhir tahun 2021.

Demikian mengenai fitur baru Whatsapp Multi-Device, Sudahkah Sobat mulai menggunakan fitur multi-perangkat WhatsApp? Jawab di kolom komentar ya sob..

Post a Comment for "Cara Menggunakan WhatsApp di Empat Perangkat Berbeda"