Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Mematikan Laptop Secara Paksa



Hai Sobat - Saat ini laptop adalah sebuah kebutuhan, apalagi dimasa kini yang mana semua pekerjaan dan pengurusan baik itu pengurusan dokumen, Pendaftaran yang berkaitan dengan administrasi menggunakan laptop dan internet.

Terkadang sesorang akan lebih nyaman jika menggunakan laptop dari pada smart phone untuk melakukan pekerjaan. karena dengan laptop akan bisa lebih santai dalam melakukan pekerjaan 

dan lebih leluasa karena dapat membuka aplikasi secara bersamaan tanpa mengganggu aplikasi lain yang sedang berjalan.

Untuk itu para pengguna laptop sebaiknya tahu bagaimana cara yang benar dalam melakukan perawatan laptopnya. 

Baca Juga : 5 Beda SSD dan HDD yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli Laptop

Karena apabila penggunaan laptop dilakukan dengan cara yang buruk maka akan mengurangi usia dari laptop itu sendiri alias cepat rusak.

Hal yang paling harus di perhatikan dalam menjaga laptop adalah dengan cara mematikan laptop dengan benar bukan dengan cara paksa. 

Jika mematikan laptop dengan cara paksa sering sobat lakukan, maka hal ini akan menyebabkan kerusakan - kerusakan yang fatal terutama pada bagian komponen yang paling rentan beresiko. 

Dampak Yang Akan Terjadi 

Berikut dampak yang akan terjadi jika sering melakukan mati paksa pada laptop, sebagai berikut:

Akan Merusak Hardisk Laptop


Hardisk adalah perangkat internal yang berfungsi menyimpan data. Hardisk sangatlah rentan mengalami kerusakan terutama pada saat laptop di matikan paksa, karena pada komponen hardisk terdapat piringan yang berputar saat laptop dalam keadaan nyala, 

Ketika di matikan dalam keadaan paksa maka piringan itu akan berhenti mendadak dan menimbulkan suara "tek". jika sering terjadi maka hardisk akan cepat mengalami bad sector.

Akan Merusak Ram


Ram berfungsi menyimpan cache aplikasi yang dijalankan. jika komputer dimatikan secara mendadak maka memori akan tetap menyimpan program yang berjalan dan ketika laptop di nyalakan kembali maka laptop kamu akan terasa lemot dan jika ini sering terjadi RAM akan Cepat Rusak

Merusak Power Supply 


Power supply ini adalah tempat/slot pengisian baterai nah jika ini terjadi mati paksa pada komputer maka daya akan terputus secara mendadak 

dan menghentikan segala aktifitas hardware pada laptop yang masih berjalan. hal ini bahkan dapat menimbulkan konsleting jika mati paksa di lakukan dalam keadaan laptop di carger.

Memicu Kerusakan Pada Prosesor


Prosesor adalah otak dari Perangkat komputer/laptop. kerusakan terjadi apabila laptop dimatikan paksa maka heatsink tidak akan optimal dalam mendinginkan prosesor dan mangakibatkan komponen didalmnya menjadi rusak akibat panas.

Registry Laptop Menjadi Brantakan

Saat mati paksa pada laptop sering terjadi, software dan data-data menjadi terganggu, sehingga dapat terjadi error atau kekacauan saat proses laptop dimuat ulang dan mengakibatkan layar biru (Blue Screen).

Solusi

Untuk mengatasi masalah mati paksa, sobat jangan pernah terburu buru dalam mematikan laptop kemudian lakukan lah prosedur mematikan laptop dengan benar.

Untuk mematikan laptop dengan benar sobat harus mematikan nya dengan cara soft Shutdown. 

Cara soft shutdown dapat sobat lakukan dengan cara menekan tombol windows lalu pilih power lalu klik shutdown atau sobat dapat melakukannya dengan shorcut keybord dengan menekan ALT + F4.

Demikian Dampak Mematikan Laptop Secara Paksa. Agar laptop sobat tetap awet maka mulailah lebih peduli dengan hal hal tersebut agar laptop sobat dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama alias awet.

Post a Comment for " Dampak Mematikan Laptop Secara Paksa"