Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Smartphone yang Cocok Untukmu


Setelah sebelumnya saya telah membahas 5 HP Android Terlaris dan Terbaik yang juga diulas pada website nya mas Winarto, kali ini mungkin bisa menjadi rekomendasi buat kamu dalam memilih Smartphone untuk kebutuhan sehari-hari. simak mengenai hal tersebut berikut ini.

Smartphone telah menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup manusia. Karena itulah, memilih smartphone yang cocok sangat penting untuk dilakukan. Jika kamu masih merasa bingung caranya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Karena, saat ini kami akan memberikan tips memilih smartphone yang cocok untukmu.


5 Tips Memilih Smartphone yang Cocok Untukmu

1. Pilih dari merek terkenal

Yang paling utama adalah memilih smartphone dari merek terkenal. Hal ini sangat penting karena mungkin ada beberapa smartphone dari merek biasa yang menipu Anda. Selain itu, memilih merek terkenal juga lebih baik dari segi kualitas, fitur, dan hal-hal lainnya.

Beberapa merek smartphone yang saya rekomendasikan adalah Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Huawei, realme, dan juga iPhone jika kamu ingin menggunakan iOS. Jangan lupa juga untuk mencari informasi lebih lanjut di Google maupun Youtube sebelum kamu memutuskan untuk memilih smartphone dari merek tertentu.

Baca Juga  Nordvpn + 1500 Account Full Premium Gratis untuk PC dan android 

2. Perhatikan chipsetnya

Bisa dikatakan chipset ini adalah inti dari sebuah smartphone. Salah satu penentu kinerja sebuah smartphone adalah chipset yang digunakan. Karena itulah, sebaiknya kamu memilih smartphone dengan chipset yang bagus. Agar semua aktivitasmu menggunakan smartphone bisa lancar.

Beberapa chipset yang banyak digunakan dan sudah terbukti kinerjanya adalah Qualcomm dan MediaTek. Selain itu, ada juga chipset Exynos dari Samsung dan HiSilicon dari Huawei. Jika kamu memilih iPhone, maka smartphone mu pasti akan menggunakan chipset dari Apple, yaitu A. 


3. Jangan lupakan RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah hardware yang digunakan oleh smartphone untuk menyimpan data sementara. RAM ini digunakan saat kamu mengoperasikan sebuah sebuah aplikasi. Jika RAM smartphone mu besar, maka kamu bisa mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar.

Pentingnya memiliki smartphone (Android) dengan RAM besar seperti yang saya katakan di atas, yaitu agar lancar dalam mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus. Selain itu, dengan RAM yang besar, kamu juga bisa menggunakan aplikasi atau game berat, bahkan bisa lancar saat menggunakannya. Tapi RAM ni tidak penting jika kamu memilih iPhone.

Baca Juga  Dampak Mematikan Laptop Secara Paksa

4. Pilih yang berkapasitas baterai besar

Memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang besar memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi bagi orang-orang yang suka beraktivitas seharian di luar rumah. Dengan baterai yang besar, maka kamu tidak perlu repot-repot membawa power bank lagi saat beraktivitas.

Saya merekomendasikan agar kamu memilih smartphone dengan kapasitas baterai 5000mAh atau lebih. Bahkan, saat ini ada smartphone dengan kapasitas baterai 7000mAh seperti Samsung Galaxy M51 dan Samsung Galaxy M62. Dengan kapasitas baterai yang besar, smartphone mu mungkin kuat di pakai secara aktif seharian.


5. Perhatikan kenyamanan ukuran layar

Ukuran layar merupakan salah satu faktor kenyamanan saat menggunakan smartphone. Semakin besar ukuran layar smartphone, biasanya akan semakin nyaman saat digunakan. Karena itulah, hal tersebut saya masukkan ke dalam daftar tips memilih smartphone ini.

Untungnya saat ini kamu bisa dengan mudah mencari smartphone dengan layar yang besar. Karena, hal tersebut merupakan salah satu tren smartphone di zaman sekarang. Tapi, jika kamu pikir ukuran smartphone kurang besar, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli tablet Android maupun iPad. Meskipun begitu, sepertinya tablet Android dan iPad akan lebih repot saat dibawa.

Nah itulah tips memilih smartphone yang cocok untukmu. Sebenarnya masih ada hal lain yang harus diperhatikan, seperti kamera, ROM, fitur-fitur yang tersedia, dan yang lainnya.

Baca Juga