Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mempercepat HP VIVO Tanpa Root [Semua SERI]


Ingin mempercepat hp Vivo tanpa root? Simak baik-baik artikel ini. Kualitas handphone yang optimal dan bagus tentu akan membantu penggunanya dalam menyelesaikan berbagai aktifitas. Baik itu aktifitas Pribadi maupun pekerjaan. 

Namun, bagaimana dengan handphone yang memiliki performa dan kinerja yang buruk?. Hal ini tentunya membuat penggunanya sangat jengkel.

Hal serupa juga banyak dikeluhkan oleh pengguna hp Android Vivo. Pengguna Vivo merasakan kinerja dan performa hp Vivo mereka mulai menurun. Selain itu, juga sering terjadi lag saat hp Vivo dioperasikan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa kalangan yang berinisiatif untuk melakukan root pada hp Vivo mereka. Padahal, ada caranya lho untuk mempercepat hp Vivo tanpa root pada semua seri. 

Sebab, kebanyakan orang berpikir bahwa hp yang di-root akan memiliki performa dan kinerja yang optimal tanpa menghiraukan apa dampak negatif dari root sebuah handphone. Oleh karena itu, anda bisa mengimplementasikan langkah-langkah berikut ini supaya kinerja hp Vivo anda kembali optimal tanpa root.


Cara Mempercepat HP Vivo Tanpa Root

Cara ini hanya terkhususkan bagi pengguna hp android Vivo yang belum melakukan root. Dengan ini, anda tidak perlu khawatir ketika hp anda tidak dapat masuk ke dalam sistem dan berhenti berproses. Atau sering disebut dengan bootloop. Berikut langkah-langkahnya.

1.Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai


Menghapus aplikasi yang tidak terpakai bisa menambahkan ruang penyimpanan handphone Android Vivo. Seperti halnya ketika anda baru membeli sebuah handphone. Anda pasti merasa senang karena performa dan handphone tersebut sangat baik. 

Nah, ini merupakan hal yang wajar. Sebab, Aplikasi bawaan handphone tersebut sedikit dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Baca juga: cara mempercepat hp Vivo yang lag dan lemot setelah update ke Android 11.

Namun, jika anda sudah mengoperasikan handphone tersebut lebih dari 1 tahun. Hal-hal seperti kinerja dan peforma mula menurun pasti kerap anda alami. Hal ini disebabkan oleh kecilnya sisa memori internal karena termakan oleh Aplikasi-aplikasi yang anda install. 

Untuk mempercepat kinerja dan peforma hp Vivo dalam hal ini, hapus saja Aplikasi yang jarang anda gunakan atau tidak penting. Hal ini tentunya dapat menambah kapasitas memori internal pada handphone Vivo anda.


2.Selalu Upgrade Software

Upgrade software bisa anda lakukan untuk memperbaiki bug atau untuk mengoptimalkan kinerja sistem handphone Android Vivo. Selain itu, mempercepat hp Vivo dengan meng-upgrade software juga dapat menambah fitur-fitur menarik.

Namun, jangan buru-buru dalam hal Upgrade software hp Vivo anda. Terlebih dahulu, perhatikan spesifikasi hardware yang dimiliki oleh hp Vivo anda. Jika memadai bahkan lebih, anda bisa meng-upgrade software hp Vivo anda tanpa ragu. 

Tapi jika spesifikasi hardware hp Vivo anda kurang memadai, jangan sekali-kali Upgrade software. Sebab, semakin tinggi versi sebuah hp android, maka semakin tinggi pula memori internal yang diperlukan untuk menyimpan sumber daya dan data terbaru dari versi OS tersebut. Jika anda sudah melakukan nya, jangan heran jika hp Vivo anda mulai kurang optimal bahkan hang.


3.Hapus Widget Home Screen

Cara mempercepat hp Vivo selanjutnya ialah dengan menghapus widget home screen. Biasanya, pengguna hp android Vivo dan lainnya ingin mempercantik tampilan home screen dengan berbagai widget dan icon aplikasi menarik. 

Perlu anda ketahui bahwa, ternyata widget-widget dan icon-icon Aplikasi yang anda gunakan pada home screen bisa membuat handphone Vivo anda semakin lemot dan kurang optimal lho. Oleh karena itu, hapus widget dan icon yang tidak penting.

Tips: gunakan widget yang menurut anda benar-benar penting. Semisalnya widget jam, cuaca, dan catatan.


4.Hapus Cache Aplikasi

Cara mempercepat hp Vivo tanpa root

Aktifitas yang anda lakukan pada sebuah aplikasi yang akan selalu direkam. Data ini kemudian akan disimpan pada perangkat hp Vivo anda. Lama-kelamaan data ini akan menumpuk dan bisa membuat memori internal hp Vivo anda penuh. 

Padahal, data ini berupa sampah dan tidak anda perlukan. Untuk mempercepat hp Vivo, selalu bersihkan cache pada semua aplikasi, terutama Aplikasi yang menggunakan data seluler. Untuk menghapus cache Aplikasi pada hp vivo, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi pengaturan/settings.
  2. Tab pada menu Aplikasi & Izin.
  3. Tab pada menu pengelola Aplikasi.
  4. Akan muncul deretan Aplikasi yang siap anda hapus cache nya.


5.Gunakan Kartu SD

Cara mempercepat hp Vivo tanpa root

Cara mempercepat hp Vivo selanjutnya ialah dengan menggunakan karti SD atau secure digital. Ketika anda menggunakan kartu SD, anda bisa memindahkan semua file dan dokumen ke kartu tersebut. Hal ini tentunya bisa menghemat pemakaian ram. 

Jenis-jenis kartu SD yang tersedia juga sangat banyak. Harganya pun tergantung pada kapasitas kartu SD tersebut. Saran saya, gunakan kartu SD dengan kapasitas yang besar seperti 32 atau 64 GB. Supaya jika ada file dengan size yang besar atau file dengan jumlah banyak, anda bisa menyimpannya langsung pada kartu SD tanpa memberatkan memori internal. 

Beberapa merek kartu SD yang memiliki kualitas bagus diantaranya ialah Lexar profesional 2000X, Kingston Canvas React Plus, dan Sandisk Extreme PRO UHS-II.


6.Matikan Sinkronisasi Otomatis

Fungsi dari sinkronisasi otomatis ini ialah Menghubungkan antara satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Seperti Aplikasi pesan yang terhubung ke telepon melalui sinkronisasi otomatis. 

Namun, sinkronisasi otomatis ini juga bisa berdampak negatif terhadap performa handphone Android Vivo anda. Sinkronisasi otomatis membuat kinerja hp Vivo anda semakin lemot. 

Apalagi jika hp Vivo anda tidak memiliki spesifikasi yang bagus. Untuk mempercepat hp Vivo, matikan sinkronisasi otomatis. Bagaimana caranya? Simak baik-baik langkahnya berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi pengaturan/settings.
  2. Tab pada menu Akun & Sinkronisasi. 
  3. Akan muncul tombol switch sinkronisasi otomatis, lalu geser tombol tersebut ke Kiri. Maka Sinkronisasi Otomatis kini sudah mati.


7.Jangan Gunakan Live Wallpaper

Cara mempercepat hp Vivo tanpa root

Live wallpaper merupakan wallpaper bergerak. Mungkin handphone Vivo anda akan terlihat menarik dan keren jika menggunakan live wallpaper. 

Namun, apakah anda tahu jika menggunakan live wallpaper bisa membuat handphone Vivo anda boros baterai dan menurunkan kinerja handphone. Supaya anda bisa mempercepat hp Vivo, gunakan wallpaper seadanya saja.


8.Percepat Dengan IManager

Cara mempercepat hp Vivo tanpa root

Aplikasi IManager telah tersedia pada semua seri hp Vivo. Aplikasi ini menyediakan bermacam-macam gitu yabg sangat bermanfaat bagi penggunanya. Selain itu, anda juga bisa mengelola lalu lintas data dan aplikasi melalui aplikasi ini. 

Untuk mempercepat hp Vivo, anda bisa menggunakan IManager untuk membersihkan sampah dan menurunkan suhu handphone anda. 

Beberapa fitur lain yang tentunya menarik pada aplikasi ini ialah fitur easy share. Yang mana anda bisa berbagi file atau dokumen melalui fitur ini dengan sesama pengguna Vivo.


9.Restart Handphone Vivo secara berkala

Dengan mematikan dan menghidupkan kembali hp vivo, Hal ini mampu mempercepat dan meningkatkan kinerja hp Vivo. Selain itu, melakukan restart juga bisa menghapus sampah pada storage dan RAM. 

jika handphone anda dalam keadaan lemot dan Lag, tidak ada salahnya jika anda mencoba hal ini secara berkala.


10.Lakukan Factory Reset

Cara mempercepat hp Vivo tanpa root

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mempercepat hp Vivo ialah dengan melakukan factory reset. Factory reset merupakan proses untuk mengembalikan seluruh konfigurasi pada handphone ke pengaturan pabrik. Juga termasuk menghapus semua data dan aplikasi pada handphone tersebut. 

Sebelum melakukan factory reset, anda harus melakukan backup data terlebih dahulu jika anda tidak ingin data anda hilang. Selain mempercepat hp, teknik ini juga bisa menghemat baterai dan menghapus semua virus pada handphone anda.

* * *

Nah, itulah beberapa cara mempercepat hp Vivo. Semoga anda tidak mempunyai kendala saat melakukan seperti tutorial ini. Jika ada hal yang ingin anda tanyakan mengenai artikel ini, jangan ragu-ragu untuk bertanya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat!


Baca juga: