Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Ekstensi Di Chrome Android Dengan Mudah



Cara Memasang Ekstensi Di Chrome Android Dengan Mudah

Ingin memasang ekstensi di chrome android tapi tidak tahu caranya? Simak baik-baik langkah-langkahnya pada artikel ini. Pernah mendengar kata ekstensi? Ekstensi merupakan modul perangkat lunak kecil untuk menyesuaikan browser web. Browser biasanya mengizinkan berbagai ekstensi, termasuk modifikasi antarmuka pengguna, pemblokiran iklan, dan pengelolaan cookie.

Hingga kini, browser yang memiliki ekstensi terbanyak ialah Chrome. Aplikasi browser buatan Google ini memiliki 100.000 jenis ekstensi yang dapat digunakan oleh penggunanya secara gratis maupun berbayar. 

Salah satu ekstensi yang paling sering digunakan oleh Praktisi SEO Indonesia maupun luar negeri ialah ekstensi MozBar. Ekstensi ini memungkinkan yang menggunakannya dapat mengetahui metrik sebuah web dari hasil penelusuran. Baik itu metrik Domain authority, page authority dan masih banyak lainnya. 

Salah satu fungsi lain dari banyaknya fungsi dari ekstensi ini ialah mampu menandai DoFollow atau nofollow nya sebuah link eksternal maupun internal.

Namun, yang menjadi intinya bukanlah ekstensi MozBar. Melainkan, bagaimana caranya Memasang Ekstensi di Chrome Android. Salah satu penyebab kenapa pertanyaan ini timbul ialah terbatasnya personal computers ataupun laptop. Oleh karena itu, mereka mencari solusinya dengan membenamkan mindset ‘setiap masalah pasti ada solusinya’. 

Berdasarkan mindset tersebut, anda juga bisa memasang ekstensi pada browser chrome Android. Bagaimana caranya? Mari simak ulasannya berikut ini.


Cara Memasang Ekstensi Di Chrome Android

Perlu anda ketahui, bahwa anda tidak bisa memasang ekstensi di chrome android. Walaupun pada aplikasi chrome menyediakan mode desktop, namun pada mode dekstop tersebut entah kenapa ekstensi MozBar juga tidak bisa muncul. 

aplikasi kiwi browser

Namun, bukan tidak mungkin anda memasangnya pada browser lainnya. Ya, salah satu browser android yang mendukung pemasangan ekstensi ialah kiwi browser. Untuk kelengkapan tutorialnya, simak Langkah-langkahnya baik-baik.

1.Download dan install Aplikasi Kiwi Browser dari play store.

2.Buka Aplikasi Kiwi Browser.

3.Copy dan paste link berikut ini pada kolom pencarian kiwi browser, kemudian klik enter pada keyboard handphone anda. Berikut ini linknya:

https://chrome.google.com/webstore/

4.Pada halaman muka Chrome Web Store, lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun Google Anda. Untuk melakukannya, klik login pada bagian kanan atas.

5.Berikutnya masih pada halaman muka. Untuk memasang ekstensi di chrome android, ketik nama ekstensi pada kolom pencarian chrome web store, lalu klik enter pada keyboard handphone anda.

6.Jika muncul ekstensi yang sesuai dengan keinginan anda, klik ekstensi tersebut.

7.klik pada ‘tambahkan ke chrome’ untuk memasang ekstensi tersebut pada kiwi browser.

8.Klik ok pada pop-up yang muncul.

9.Setelah itu, ekstensi akan ter-download secara otomatis dan akan terpasang secara otomatis. Untuk pemasangannya biasanya memerlukan waktu 1 hingga 5 detik.

10.Untuk mengaktifkan ekstensi yang baru saja anda aktifkan. Klik titik 3 pada bagian kanan atas kiwi browser, scroll kebawah dan klik ekstensi tersebut. Sesudah itu, ekstensi akan aktif secara otomatis.


* * *

Nah, memasang ekstensi pada hp android memang mudah dilakukan jika anda menggunakan browser seperti kiwi browser. Namun sekali lagi anda tidak bisa menggunakan browser chrome untuk menggunakan ekstensi. 

Jika ada hal yang tidak anda pahami, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Semoga tutorial memasang ekstensi di chrome android bisa bermanfaat bagi anda, ya. Selamat mencoba, semoga sukses!

Baca juga:

Sumber: