Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Black Market? Kelebihan Dan Kekurangan Nya

Black market

Apa itu black market? Kelebihan dan Kekurangannya. Istilah black market memang mengacung terhadap kegiatan sekelompok orang pada sebuah pasar yang berlawanan terhadap aturan yang berlaku. Pasar gelap tidak akan bisa kita temui begitu saja karena pasar ini tersembunyi.

Hanya orang-orang tertentu lah yang berkepentingan dengan sektor pasar ini bisa mengetahui letaknya. Selain itu, barang yang tersedia juga sangat beragam. Bahkan black market juga memperjualbelikan organ tubuh manusia. Harganya pun sangat mahal, hal ini cocok bagi anda yang mau menjadi kaya secara instan.

Bukan hanya itu, barang-barang yang tersedia pada pasar gelap seperti handphone, laptop dan lainnya juga termasuk barang ilegal. Tidak ada jaminan bahwa barang tersebut original. Contohnya seperti penjualan hp iPhone. Handphone besutannya Apple ini hanya dibanderol Rp 300.000 jika anda ingin membeli nya lewat pasar gelap.

Namun, kualitas handphone tersebut juga bukan seperti aslinya. Spesifikasinya juga sungguh buruk karena handphone tersebut bukan buatan pabrik. Melainkan hasil replika si penjual yang hanya membuat tampilan luarnya mirip dengan aslinya.

Karena hal ini, pemerintah tengah marak-maraknya terus melakukan pencarian terhadap sektor pasar ini. Hal ini bertujuan untuk memblokir atau menutup kegiatan jual beli pada pasar gelap yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Baik dari pemerintah pusat ataupun peraturan dari undang-undang otonomi daerah yang berlaku. 

Apakah anda sudah tahu pengertian dari pasar gelap? Simak ulasannya berikut ini.


Apa Itu Pasar Gelap?

Pasar gelap merupakan sektor pasar yang melangsungkan transaksi jual beli secara ilegal dan/atau tidak sah. Sektor pasar ini memperdagangkan Barang-barang ilegal yang tidak dapat diperjualbelikan Secara bebas pada wilayah teritorial negara tertentu. 

Contoh barang yang diperjualbelikan secara bebas pada black market seperti senjata api, obat-obatan terlarang, atau barang hasil curian.

Selain itu, black market atau pasar gelap juga memperdagangkan barang resmi. Namun, tujuannya supaya terhindar dari pembayaran pajak dan lisensi persyaratan barang tersebut. Contoh lainnya ialah penjualan rokok yang tidak terdaftar dan senjata api yang tidak terdaftar. 

Hal ini cukup membahayakan, karena barang tersebut juga belum teruji seperti rokok. dan senjata api bisa digunakan untuk menyokong kegiatan-kegiatan yang berlawanan dengan aturan yang berlaku.

Seperti pembunuhan, begal, dan tindak kejahatan lainnya. Pasar gelap juga mempunyai kelebihan dan Kekurangannya tersendiri. Mau tahu kelebihan dan Kekurangannya? Simak ulasannya baik-baik.


Kelebihan Black Market

1.Ketersediaan Barang

Kelebihan pertama dari black market ialah memiliki variasi barang yang cukup banyak. Anda bisa menemukan banyak barang yang tidak akan pernah anda temukan pada pasar resmi. Contohnya saja penjualan organ tubuh manusia seperti ginjal, jantung, dan hati. Jelas ini merupakan kegiatan yang sangat dilarang. Baik dari agama maupun pemerintah. 

Namun, anda bisa membelinya lewat pasar gelap. Selain itu, pasar ini juga mempunyai berbagai barang lainnya seperti senjata api. Membasmi sektor pasar gelap juga merupakan keuntungan besar. Karena, pembelian senjata api kelompok-kelompok kriminal juga dapat bersumber dari pasar ini. 

Nah, dengan pembasmian sektor pasar ini, pemerintah bisa sekalian membasmi sumber penjualan senjata api kelompok-kelompok kriminal.


2.Harga Barang

Kelebihan Black Market selanjutnya bisa kita lihat dari segi harga sebuah barang. Harga barang pada pasar gelap juga bervariasi. Ada harga barang yabg lebih mahal dari harga aslinya, dan ada juga harga barang yang lebih murah dari harga aslinya. 

Harga barang ilegal bisa lebih mahal dari harga aslinya sebab produk tersebut mungkin sulit didapatkan dan tak tersedia pada pasar resmi. Sebaliknya, harga barang pasar ilegal juga bisa lebih murah karena penjual tidak perlu membayar pajak barang tersebut.


Kekurangan Black Market

1.Sumber Barang

Yang namanya pasar gelap pasti sangat erat kaitannya dengan penyelundupan dan ilegal. Semua barang-barang yang tersedia pada sektor pasar ini merupakan barang hasil penyelundupan dan ilegal. Oleh karena itu, membeli barang pada black market juga sangat berisiko. Apalagi jika pembeli tidak mengetahui sumber pasti barang tersebut.

Hasilnya, pembeli akan berisiko terjerat hukuman oleh pihak berwenang karena mempunyai barang hasil curian. Selain itu, jika pembeli pada pasar gelap tidak mengetahui sumber barang dengan jelas. Maka hal ini akan memunculkan ketidakpuasan pemakaian terhadap barang tersebut. 

Karena biasanya barang dengan brand tertentu memiliki kualitas yang bagus. Namun jika kita membelinya dari black market, akan terjadi sebaliknya. Contohnya saja penjualan handphone dari black market atau sering kita sebut dengan handphone BM. 

Merek yang tersedia pada pasar terlarang ini juga sama seperti merek aslinya. Namun, penjual menawar dengan harga yang relatif murah. Mengapa? Karena, beberapa software dan hardware keluaran pabrik sudah penjual ganti dengan software dan hardware yang kualitasnya tidak terjamin.

Disclaimer: tulisan ini hanyalah opini/pendapat sendiri dari admin mashabibi.com. kami tidak menjamin bahwa tulisan ini benar 100%. Jika anda juga mempunyai pendapat mengenai topik pada artikel ini, silahkan sampaikan lewat kolom Komentar.

Pasar Gelap menjadi wadah bagi mereka yang ingin selalu mendapatkan penghasilan dengan berbuat curang dan melanggar norma-norma yang berlaku. Janganlah sekali-kali anda mencoba untuk bertransaksi dengan penjual pasar gelap. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 

Referensi: 

Post a Comment for "Apa Itu Black Market? Kelebihan Dan Kekurangan Nya"