Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beratnya Jadi Awak Kapal Ini, 5 Kecelakaan Kapal Selam Paling Misterius Di Dunia


mashabibi.com - Kapal selam merupakan alat perang yang wajib dimiliki oleh militer angkatan laut suatu negara, namun ternyata mengendalikan kapal selam bukanlah hal yang mudah, walaupun dibuat secanggih mungkin dan memiliki kemampuan menyelam ke kedalaman laut yang paling dalam. Ternyata, bukan hanya pesawat yang mengalami kecelakaan, namun Kapal selam juga pernah mengalami kecelakaan, bahkan diantaranya belum diketahui penyebab pastinya.

Kecelakaan-kecelakaan tersebut juga memakan banyak korban jiwa, diantaranya ialah awak kapal tersebut, namun kita tahu bahwa mereka bertugas selamanya di samudera lepas, seperti apakah kecelakaan kapal selam paling misterius di dunia? Berikut 5 Kecelakaan kapal selam paling misterius di dunia yang telah kami rangkum.

5 Kecelakaan Kapal Selam Paling Misterius Di Dunia

1.K - 129 Uni Soviet

Ilustrasi kapal selam


Salah satu insiden kecelakaan kapal selam paling misterius di dunia ialah kecelakaan kapal selam k - 129 uni Soviet, kapal selam ini tenggelam di samudera Pasifik dan tidak diketahui penyebabnya secara jelas, kecelakaan ini terjadi pada 4 Maret 1968, sebuah kapal selam angkatan laut Amerika serikat yang mengalami kerusakan pada periskop nya berlayar ke Jepang untuk perbaikan, kapal ini dicurigai sebagai penyebab tenggelamnya kapal selam uni Soviet.

Kecurigaan tersebut juga saling terkait dengan direbutnya sebuah kapal mata-mata milik Amerika yang dilakukan oleh Korea Utara, sehingga menyebabkan peningkatan aktivitas kapal selam Amerika di beberapa wilayah tersebut. Duta besar Amerika untuk Moscow pada tahun 1993 menyatakan kapal selam Amerika tidak berada dekat dengan kapal selam uni Soviet disaat kecelakaan tersebut terjadi. Teori lain juga mengatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena kebocoran akibat ledakan torpedo.

2.USS Scorpion (SSN - 589)

Ilustrasi kapal selam

kapal selam ini merupakan kapal selam bertenaga nuklir milik angkatan laut Amerika serikat, memiliki panjang 76 meter, kapal selam ini memiliki berat hingga 3000 ton, walaupun sudah bertahun-tahun sudah mengikuti misi, ternyata kapal selam ini pernah mengalami insiden kecelakaan.

Kapal selam ini tenggelam pada Mei 1968 di samudera Atlantik, dikabarkan juga setidaknya 99 awak kapal selam tersebut dinyatakan telah tewas, laporan awal menunjukkan tenggelamnya kapal tersebut akibat ledakan, meskipun penelitian lain menemukan penyebab lainnya, sebuah dokumen yang dirilis pada tahun 1993 memaparkan teori ledakan torpedo di dalam kapal selam sebagai akibat dari over hiting, sama seperti kapal selam uni Soviet, pihak Amerika menuduh kapal selam uni Soviet sebagai penyebab nya, sampai sejauh ini, kedua belah pihak belum merilis penjelasan secara resmi.

3.Insiden Gang Neung, Korea Utara

Ilustrasi kapal selam

Kecelakaan kapal selam paling misterius di dunia ini terjadi pada tanggal 18 September 1996 kapal selam milik Korea Utara kandas di dekat Gang Neung, Korea Selatan. Kapal selam itu yang berencana mengirimkan 3 orang komando ke pangkalan angkatan laut Korea Selatan namun gagal, pada usaha kedua, kapal selam kandas dan terjebak di depan garis pantai, akhirnya Korea Selatan mengeksekusi awak kapal selam tersebut dengan 1 yang ditangkap karena mencoba kembali ke Korea Utara.

Di atas kapal selam tersebut, ada 21 awak dan direktur, Serta wakil direktur departemen maritim. Mereka kemudian bergerak ke darat, pasukan darat dan pasukan khusus Korea Selatan memulai perburuan 49 hari yang mengakibatkan semua orang Korea Utara kecuali satu orang terbunuh atau tertangkap, banyak yang bunuh diri dan dibunuh oleh atasan mereka untuk mencegah penangkapan,  setelah kejadian itu, Konsul Korea Selatan di Vladivostok tewas akibat keracunan misterius yang diduga sejenis dengan racun yang ditemukan di kapal selam milik Korea Utara.

4.Kapal Selam 361, China

Ilustrasi kapal selam, sumber

kapal selam milik China ini tenggelam di laut bohai antara China dan Korea Utara, kapal selam itu sendiri ditemukan oleh seorang nelayan China, nelayan tersebut menemukannya di hari 10 setelah kecelakaan yang tampaknya kapal selam tersebut sedang mengambil bagian dalam sebuah latihan.

Tidak ada penjelasan resmi yang diberikan oleh China selain kerusakan mekanik, sebuah laporan bocor dari sebuah surat kabar Hongkong menunjukkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena kegagalan menutup mesin diesel setelah kapal selam menyelam. Akibatnya karbon dioksida mencekik, dan mengakibatkan seluruh awak kapal tewas.

5.INS Dakar, Israel

Ilustrasi kapal selam, sumber

Kapal selam milik Israel ini juga termasuk di kecelakaan paling misterius di dunia, INS Dakar merupakan kapal selam diesel listrik yang merupakan hasil modifikasi dari perang dunia kedua, kapal selam ini kehilangan kontak dan menghilang pada tahun 1968 saat berlayar ke Israel setelah dibeli dari Inggris.

Puing puing kapal selam pertama kali ditemukan oleh nelayan di Gaza pada tahun 1999, tokoh militer Mesir pada tahun 1970 mengklaim, kapal selam tersebut ditenggelamkan oleh kapal perang Mesir, militer Israel membantah keras klaim tersebut, Israel tidak pernah memberi penjelasan resmi atas tenggelam nya kapal selam tersebut, meskipun tampak banyak reruntuhan dari seluruh badan kapal selam INS Dakar tersebut, seluruh awak kapal yang berjumlah 69 orang dinyatakan hilang dan tidak pernah ditemukan hingga sekarang, pada 24 Mei 1999, tim pencarian gabungan Amerika - Israel telah menemukan INS Dakar di dasar laut antara Krea dan Siprus pada kedalaman sekitar 3000 meter. Walaupun kapal selam telah ditemukan, penyebab tenggelam nya kapal selam tersebut tetap menjadi misteri.

Berikut adalah daftar 5 kecelakaan kapal selam paling misterius di dunia, semoga dapat menambah wawasan anda, semoga juga dapat bermanfaat, Assalamualaikum.wr.wb