80 Kumpulan Judul Penelitian / Skripsi Jurusan Teknik Informatika
Sobat sedang mencari ide untuk judul penelitian di bidang teknik informatika? Sobat ingin judul yang unik, menarik, dan belum pernah ada di Google atau mesin pencari lainnya? Jika ya, sobat berada di tempat yang tepat.
Berikut 80 judul penelitian tentang materi teknik informatika yang saya buat sendiri dengan menggunakan pengetahuan dan imajinasi saya.
- Analisis dan Implementasi Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah
- Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Informatika
- Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Potensi Wisata di Indonesia Menggunakan Google Maps API
- Perancangan dan Pembuatan Game Edukasi tentang Sejarah Indonesia dengan Unity 3D
- Penerapan Metode K-Nearest Neighbor untuk Klasifikasi Citra Tanda Tangan Menggunakan OpenCV
- Studi Komparasi antara Firebase dan MongoDB sebagai Database untuk Aplikasi Web Real-Time
- Deteksi dan Pengenalan Wajah Manusia dengan Deep Learning Menggunakan TensorFlow
- Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Kulit dengan Metode Forward Chaining
- Implementasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia dengan Vuforia SDK
- Pengenalan Suara Bahasa Indonesia dengan Hidden Markov Model dan Mel Frequency Cepstral Coefficient
- Pengembangan Sistem Rekomendasi Buku dengan Collaborative Filtering dan Content Based Filtering
- Analisis Sentimen Terhadap Ulasan Produk di E-Commerce dengan Naive Bayes Classifier
- Perancangan dan Implementasi Sistem Keamanan Jaringan dengan Intrusion Detection System dan Intrusion Prevention System
- Pengembangan Aplikasi Chatbot untuk Pelayanan Publik dengan Natural Language Processing
- Penerapan Blockchain untuk Transaksi Keuangan dengan Ethereum Smart Contract
- Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web dengan Laravel Framework
- Pengenalan Karakter Aksara Jawa dengan Convolutional Neural Network
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan dengan Radio Frequency Identification
- Implementasi Algoritma A* untuk Penentuan Rute Terpendek pada Sistem Navigasi
- Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle untuk Mata Kuliah Pemrograman Web
- Penerapan Metode Fuzzy Logic untuk Pengendalian Suhu dan Kelembaban pada Greenhouse
- Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Permainan Edukatif tentang Lingkungan Hidup dengan Construct 2
- Deteksi dan Penghitungan Kendaraan Bermotor dengan Background Subtraction dan Blob Analysis
- Pengembangan Sistem Informasi Rumah Sakit dengan CodeIgniter Framework
- Penerapan Algoritma K-Means untuk Klasterisasi Data Pelanggan pada Sistem CRM
- Pengembangan Aplikasi Virtual Reality untuk Simulasi Bencana Alam dengan Unreal Engine
- Penerapan Metode Support Vector Machine untuk Prediksi Harga Saham
- Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat dengan Data Warehouse dan Data Mining
- Implementasi Algoritma RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Pesan pada Aplikasi Chatting
- Pengembangan Aplikasi Web Scraping untuk Mengumpulkan Data Lowongan Kerja dari Berbagai Sumber
- Penerapan Algoritma Ant Colony Optimization untuk Optimasi Penempatan CCTV pada Ruang Publik
- Pengembangan Aplikasi Internet of Things untuk Monitoring dan Kontrol Kualitas Udara dengan Arduino
- Penerapan Metode Decision Tree untuk Klasifikasi Jenis Tanaman dengan WEKA
- Pengembangan Aplikasi Game Platformer dengan Phaser Framework
- Deteksi dan Klasifikasi Emosi Manusia dari Ekspresi Wajah dengan Artificial Neural Network
- Pengembangan Sistem Informasi E-Government dengan Django Framework
- Penerapan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian pada Sistem E-Commerce
- Pengembangan Aplikasi Machine Learning untuk Deteksi Penyakit Tanaman dengan TensorFlow Lite
- Implementasi Algoritma Dijkstra untuk Penentuan Jalur Tercepat pada Sistem Transportasi Publik
- Pengembangan Aplikasi Web GIS untuk Pemantauan Bencana Alam dengan Leaflet JS
- Penerapan Metode K-Medoids untuk Segmentasi Pelanggan pada Industri Perbankan
- Pengembangan Aplikasi Game Edukasi tentang Budaya Indonesia dengan Godot Engine
- Deteksi dan Pengenalan Plat Nomor Kendaraan dengan Optical Character Recognition
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek dengan Scrum Methodology
- Penerapan Algoritma Particle Swarm Optimization untuk Optimasi Fungsi Matematika
- Pengembangan Aplikasi Computer Vision untuk Pengukuran Dimensi Benda dengan OpenCV
- Penerapan Metode Neural Network untuk Prediksi Cuaca
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah dengan Spring Boot Framework
- Implementasi Algoritma Hill Climbing untuk Penyelesaian Permasalahan Travelling Salesman Problem
- Pengembangan Aplikasi Web Service untuk Integrasi Data antara Sistem yang Berbeda
- Penerapan Metode Linear Regression untuk Prediksi Nilai Mahasiswa
- Pengembangan Aplikasi Game Strategi dengan Cocos2d-x Framework
- Deteksi dan Pengenalan Objek dengan YOLO Algorithm
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris Barang dengan Ruby on Rails Framework
- Penerapan Algoritma Genetic Algorithm untuk Optimasi Desain Logo
- Pengembangan Aplikasi Speech Recognition untuk Perintah Suara dengan Google Speech API
- Penerapan Metode Logistic Regression untuk Klasifikasi Spam Email
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dengan ASP.NET Framework
- Implementasi Algoritma Simulated Annealing untuk Penyelesaian Permasalahan N-Queen Problem
- Pengembangan Aplikasi Text Mining untuk Summarization dan Keyword Extraction dari Dokumen
- Penerapan Metode Principal Component Analysis untuk Reduksi Dimensi Data
- Pengembangan Aplikasi Game Puzzle dengan LibGDX Framework
- Deteksi dan Pengenalan Tulisan Tangan dengan Keras Library
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Absensi dengan QR Code
- Penerapan Algoritma Tabu Search untuk Optimasi Penjadwalan Kerja
- Pengembangan Aplikasi Image Processing untuk Filter dan Efek Citra dengan Pillow Library
- Penerapan Metode Naive Bayes untuk Klasifikasi Berita Hoax
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Parkir dengan Barcode Scanner
- Penerapan Algoritma Breadth First Search untuk Penelusuran Graf
- Pengembangan Aplikasi Natural Language Processing untuk Sentiment Analysis dari Media Sosial
- Penerapan Metode Clustering untuk Pengelompokan Dokumen
- Pengembangan Aplikasi Game Balap dengan Unreal Engine
- Deteksi dan Pengenalan Warna dengan Color Detection Algorithm
- Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Koperasi dengan PHP Framework
- Penerapan Algoritma Depth First Search untuk Penyelesaian Permasalahan Maze
- Pengembangan Aplikasi Web Development dengan React JS Framework
- Penerapan Metode Classification untuk Pengenalan Jenis Bunga
- Pengembangan Aplikasi Game Tembak-Tembakan dengan Unity 3D