Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atasi Kebotakan dengan Transplantasi Rambut Terbaik di Turki

Atasi Kebotakan dengan Transplantasi Rambut Terbaik di Turki

Apa rambutmu sering rontok? Hati-hati kerontokan secara berlebihan bisa menyebabkan kebotakan jika dibiarkan begitu saja. Sebenarnya kebotakan bisa diatasi dengan melakukan transplantasi rambut namun biayanya cukup mahal. 

Meski tergolong mahal kamu bisa mencobanya menggunakan pinjaman kilat dari bank. Biaya transplantasi rambut di Turki lebih terjangkau dibandingkan di Amerika, Eropa, dan Australia. Maka tak heran jika banyak selebriti Indonesia yang memilih melakukan transplantasi rambut ke sana. 

Apa Saja Penyebab Kebotakan?

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kebotakan, mulai dari perubahan hormon hingga efek samping obat-obatan. Kebotakan tidak hanya dialami pria, wanita juga banyak yang mengalami masalah ini berikut beberapa pemicunya. 

  • Mengidap Penyakit Tertentu

Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa memicu kebotakan di antaranya penyakit autoimun, tinea capitis (infeksi jamur di kulit kepala), dan gangguan mental trikotilomania. Stres dan gangguan psikologis juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok dan kebotakan.

  • Mengalami Perubahan Hormon

Wanita yang mengalami kebotakan biasanya dipicu oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuh.

Kebotakan dan rambut rontok sering dialami wanita saat hamil dan sesudah melahirkan, menderita PCOS, menopause, dan menderita gangguan tiroid. Kebotakan yang disebabkan perubahan hormon umumnya tidak terjadi secara permanen.

  • Keturunan Genetik

Kebotakan yang disebabkan karena faktor genetik umumnya menimbulkan androgenic alopecia karena memiliki pola kebotakan yang berbeda-beda. Masalah ini sering ditandai dengan mundurnya batas rambut di bagian dahi dan terjadi penipisan rambut.

Kondisi tersebut dapat terjadi sejak usia remaja dan terus bertambah secara bertahap seiring berjalannya waktu. 

  • Perawatan dan Penataan Rambut yang Salah

Rambut yang sering dikuncir dan dikepang lebih rentan rontok dan bisa menyebabkan kebotakan. Orang yang mengeriting, mencatok, dan mewarnai rambutnya secara berlebihan juga lebih berisiko mengalami kebotakan.

  • Menjalani Pengobatan Tertentu

Kebotakan juga bisa terjadi karena seseorang menjalani pengobatan menggunakan metode radioterapi atau terapi radiasi. Metode pengobatan tersebut digunakan untuk melawan sel-sel kanker.

Terapi ini akan menimbulkan kebotakan jika dilakukan di sekitar leher dan kepala secara berulang-ulang. Mengonsumsi obat depresi, kemoterapi, asam urat, hipertensi, artritis,  dan penyakit jantung juga berisiko besar menyebabkan kebotakan.


Transplantasi Rambut

Syarat & Prosedur Sebelum Transplantasi Rambut di Turki

Melakukan transplantasi rambut bisa menjadi keputusan yang tepat untuk mengatasi kebotakan secara cepat. Jangan memikirkan biayanya yang mahal karena ada pinjaman kilat yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat rambut tebal yang indah.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum melakukannya agar hasilnya optimal dan tidak menimbulkan efek negatif. Berikut beberapa syarat melakukan transplantasi rambut yang wajib dipatuhi:

  • Minimal Usia

Minimal berusia 20 tahun tapi akan lebih baik lagi jika usianya di atas 25 tahun. Menurut para ahli usia di bawah 20 tahun cenderung mengalami rambut rontok secara progresif, sehingga tingkat kebotakannya belum diketahui secara pasti.

Itu sebabnya lebih baik menunggu hingga menginjak usia 20 tahun ke atas jika ingin melakukan transplantasi rambut. Hal ini bertujuan agar rambut hasil transplantasi tumbuh secara optimal.

  • Tidak Berpenyakit Autoimun

Tidak mengidap penyakit autoimun karena orang yang menderita penyakit ini tidak disarankan melakukan transplantasi rambut.

Hasil transplantasi akan sia-sia karena rambut yang telah ditanam akan kembali rontok saat gangguan autoimunnya kambuh. 

  • Tidak Berekspektasi

Tidak berekspektasi secara berlebihan karena transplantasi rambut tidak menjamin seratus persen berhasil.

Sukses tidaknya tergantung dari kondisi rambut masing-masing orang. Hasil transplantasi tidak akan maksimal jika kondisi rambut sudah menipis sementara area kebotakannya terlalu lebar.

Tak hanya persyaratannya saja yang harus dipahami, kamu juga perlu mempelajari bagaimana prosedur pelaksanaannya. Berikut rincian prosedur transplantasi rambut secara umum:

  • Kulit kepala akan dibersihkan dan dokter bedah akan melakukan pembiusan (anestesi) di area kepala;

  • Selanjutnya dokter akan mencari folikel rambut untuk ditransplantasi, ada 2 teknik untuk memperoleh folikel yaitu dengan menggunakan FUT atau FUE;

  • Dalam satu sesi perawatan, dokter bedah bisa melakukan transplantasi rambut sebanyak ratusan hingga ribuan;

  • Setelah proses transplantasi selesai area kepala akan diperban untuk menutupi kulit kepala selama beberapa hari;

  • Proses transplantasi rambut umumnya membutuhkan waktu sekitar 4 jam atau lebih tergantung jumlah rambut yang ingin ditransplantasi. Jahitan operasi bisa dilepas setelah 10 hari dari tanggal dilakukannya transplantasi;

  • Untuk mendapat hasil rambut tebal yang maksimal diperlukan 3 hingga 4 kali transplantasi. Tahapan transplantasi tidak dilakukan dalam waktu yang sama melainkan memerlukan jarak beberapa bulan agar sembuh total terlebih dahulu.

Setelah melakukan operasi transplantasi rambut kemungkinan kepala akan terasa sakit sehingga perlu mengonsumsi beberapa obat. Seperti obat pereda nyeri, antibiotik untuk meminimalisir risiko infeksi, obat anti-inflamasi untuk mengatasi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.

Setelah mengetahui syarat dan prosedurnya, apakah kamu tertarik melakukan transplantasi rambut? Sebenarnya cara ini cukup efektif untuk mengatasi kebotakan namun belum banyak orang Indonesia yang melakukannya. 

Melakukan transplantasi rambut di Turki membutuhkan biaya sekitar Rp100–130 juta (termasuk tiket pesawat dan penginapan). Untuk mendapat uang tersebut kamu bisa menggunakan pinjaman online KTA dari digibank by DBS. 

Dengan mengandalkan pinjaman digibank KTA, kamu bisa mendapatkan dana berlimit hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Apply tidak perlu melampirkan dokumen fisik dan cicilan dapat dilakukan hingga 36 bulan.

Jadi, manfaatkan digibank KTA untuk mempermudah impian melakukan transplantasi rambut! Yuk, cari tahu ketentuan dan syarat pengajuan pinjaman kilat digibank KTA dengan klik di sini!