Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bu Yus, Penjahit Rumahan Terkenal di Kota Medan

Bu Yus, Penjahit Rumahan Terkenal di Kota Medan
Bu Yus, Penjahit Rumahan Terkenal di Kota Medan

Halo sobat, sudah lama sekali nih tidak update artikel di blog  yang saya cintai ini, baiklah tanpa banyak basa - basi kali ini kan membahas kisah seorang penjahit terkenal di kota medan. 

Kota medan terkenal adalah kota terbesar ke - 3 di indonesia dan salah satu kota yang berkembang saat ini. 

Sesuai dengan judul postingan saat ini saya akan mereview salah satu penjahit handal di kota medan yaitu Bu Yus Jahit, Penjahit Rumahan Terkenal di Kota Medan.

Bu yus sudah menjadi seorang penjahit rumahan sejak tahun 2003, yang awalnya bu yus pernah belajar kustum (sekolah menjahit) di salah satu tempat kustum di kota medan. Namun bu yus tidak menyelesaikan kustumnya karena waktu itu bu yus di lamar oleh kekasih hatinya.

Setelah menikah bu yus di karuniain 2 orang anak laki laki yang sangat tangguh, kemudian disaat usia anak anaknya sudah masuk kebangku sekolah, bu yus mengisi waktunya dengan belajar menjahit secara mandiri dengan peralatan mesin jahit yang pernah ia terima dari salah satu majikannya saat ia bekerja dulu sebagai pengasuh anak.

Setelah beberapa tahun setelah menikah bu yus tidak pernah lagi menjahit sehingga ia pun terus menerus mengasah skill dan ingatannya dalam menjahit secara mandiri, hingga akhirnya sala satu tetangga kontrakannya mendengar bunyi mesin jahit dari rumah bu yus. 

Tetangga tersebut bertamu dan mengatakan, eh ibu bisa menjahit yaa?, jawab bu yus "iya, dulu saya pernah kustum sewaktu gadis namun saat ini saya sudah tidak lihai lagi menjahit dan sekarang saya ingin mengasah pelajaran menjahit lagi, selagi anak-anak tidak dirumah (sedang sekolah)." sambil tersenyum.   

Tetangga," wah hebat, kalo begitu tolong dong bu jahitin atribut sekolah anak saya nanti saya akan kasih upahnya". 

Buyus," bawa saja kesini bu, jangan pikirin upahnya karena saya juga masih belajar dan untuk melihaikan menjahit saya"

Tetangga, "Baiklah kalo begitu".

Dari hasil percakapn diatas itulah awalmula bu yus semangat dalam menjahit yaitu karena bisa membantu tetangganya / oranglain, dan akhirnya dari mulut dan bisik tetangga bu yus mulai dikenal di lingkungannya sebagai seorang penjahit pemula yang amatir dan banyak tetangga lain mulai berdatangan ke rumah bu yus untuk menjahitkan rombakan rombakan pakaian.

dan akhirnya di tahun 2009 ibu yus memiliki seorang karyawan yang membantu ibu yus menjahit di tahun 2014 bu yus memiliki 2 karyawan, perlahan tapi pasti ekonomi keluarganya kini terbantu dan suaminya mensupport kegiatan tersebut.

bu yus tidak bermaksud ingin membesarkan usahanya, karena iya cukup awam dalam dunia usaha dan hanya berfokus pada usaha rumahan saja, demi menyekolahkan tinggi anaknya ia dan suaminya bekerja keras. dan saat ini anak sudah memiliki gelar sarjana dan sudah mendapatkan pekerjaan yang baik dan membantu perekonomian orang tuanya. Meskipun begitu, usaha jahit bu yus masih berjalan hingga saat ini.

Bu yus Jahit dikenal dengan hasil jahitan yang rapi, cepat dan murah, banyak sekali masyarakat kota medan yang mengenalnya, karena selain menerima rombakan pakaian, bu yus juga menerima tempahan baju baru seperti baju kebaya, baju nikahan, baju seragam pesta (seragam lainnya), menerima baju tempahan anak, baju drees dan baju lainnya.

untuk sobat yang berkunjung ke kota medan atau sobat yang saat ini di stay di kota medan dapat berkunjung apabila memiliki pakaian yang ingin dirombak dengan harga relatif sangat murah dan rapi. 

Adapun lokasi bu yus jahit yaitu di jalan Bajak V gang Bahagia Ujung, kalo bingung sebut saja bu yus jahit maka akan banyak warga sekitar yang memberi tahu lokasi rumah jahit bu yus.

Sebagai informasi berikut maps nya kami lampirkan