Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur dan Kelebihan Windows 11

Fitur dan Kelebihan Windows 11


Mashabibi - Windows adalah sistem operasi paling banyak digunakan dan menjadi sistem operasi yang populer, dan saat ini Microsoft meluncurkan windows terbaru yaitu windows 11.

Tampilan interface dan desain yang modern serta lebih fresh, sobat dapat mendownload windows 11 secara gratis jika memiliki lisence windows 10. 

Windows 11 memiliki beberapa fitur unggulan yang pastinya membuat sobat penasaran, untuk mengenalnya lebih jauh maka simak penjelasan di bawah ini.


Fitur dan Kelebihan Windows 11

Sebelum sobat menginstall windows 11 pada laptop sobat, sebaiknya sobat mengetahui fitur terbaru dari windows 11 ini, berikut mashabibi paparkan:


1. Desain Interface Yang Lebih Fresh & Sederhana


Windows 11


Pastinya sobat sudah pernah melihat cuplikan tampilan windows 11 di berbagai sosial media. hal yang paling mencolok dan baru adalah Desain Interface windows 11.

Untuk tampilan tidak terlalu banyak berubah, namun tampilan dari jendela menunya lebih smoth dan tampak mewah dan bisa dikatakan desain desktopnya mirip dengan MacOS.


2. Tombol Windows (Menu Start)

Windows 11


Perubahan pada tombol windows menu start yang semula berada di pojok kiri kini sekarang berada di bagian tengah  pada layar desktop. selain itu tombol windows menu start kini desainnya lebih cantik dan sederhana.

Tidak perlu scrool saat mencari aplikasi di bagian menu start windows, kini aplikasii sobat akan ditampilkan seluruhnya. yang menarik adalah sobat dapat mengatur penemptan aplikasinya.


Gambar Produk
Gambar Produk
Gambar Produk

3. Widget

Windows 11


Pada windows 11 jendela interface widget memiliki iconnya sendiri pada taksbar. widget sendiri sebelumnya sudah ada pada windows 10 hanya saja dijalankan secara terpisah dan tidak mempunyai jendela interface sendiri.

Saat sobat tekan bagian panel maka akan muncul jendela widget yang menampilkan seluruh widget seperti berita cuaca, dan lainnya selain itu widget tersebut juga dapat diatur ukurannya serta dapat dihapus.


4. Integrasi Aplikasi Android

Windows 11


Salah satu yang paling keren dari fitur windows 11 adalah dapat terintegrasinya aplikasi android di komputer sobat. untuk mengaksesnya sobat harus menggunakan microsoft store dan  melalui amazon appstore

dengan hadirnya fitur ini akan sangat membantu user dalam pengintegrasian (penghubung) perangkat mobile dengan perangkat komputer sobat.


5. Snap Layout 

Windows 11


Snap layout akan sangat membantu sobat dalam menggunakan beberapa aplikasi sekaligus. untuk sobat yang sering bekerja dengan cara multitasking di windows 10, pasti akan merasa tertarik untuk dapat menggunakan snap layout karena fitur snap layout mampu menjalankan dua samapai empat jendela sekaligus dalam satu layar.

Cara menggunakan fitur ini, arahkan mouse ke maksimalkan jendela, lalu kamu tinggal pilih opsi layout yang muncul.


6. Microsoft Teams

Windows 11


Fitur ini adalah unggulan dari windows 11, karena peluncuran windows 11 sendiri pada saat pandemi sehingga microsoft membuat sebuah aplikasi khusus untuk konferensi dan obrolan online. Kabarnya fitur aplikasi ini akan terus dikembangkan untuk mendukung windows 11.

icon teams dapat sobat lihat pada taskbar. fitur aplikasi dari platform  video chat microsoft yang disebut microsoft teams sudah terintegrasi dengan sistem operasi agar dapat digunakan lebih mudah dalam kebutuhan sehari hari.


7. Virtual Desktop

Windows 11


Vitur ini sama halnya dengan fitur multitasking di windows 10, sobat dapat menggunakan lebih dari dua desktop dalam satu perangkat. di windows 11 fitur ini dikembangkan dengan lebih baik lagi.


8. Transisi Antar Monitor

Windows 11


Jika sobat sering menggunakan lebih dari satu monitor maka sobat akan merasakan transisi antar monitor yang lebih bagus.

Contohnya, sobat membuka jendela di monitor kedua maka monitor tersebut akan mengingat aplikasi terakhir  yang sobat buka dan posisinya. sehingga ketika sobat menyambungkan kembali ke monitor tersebut lagi maka jendela sebelumnya akan terbuka secara otomatis.


9. Panel Notifikasi dan Quick Setting

Windows 11


Perubahan lainnya pada win 11 ada pada panel notifikasi dan quick setting. di windows 11 panel dan quick setting di rancang terpisah. 

Untuk melihat notiikasi baru sobat dapat mengklik tanggal dan waktu di taskbar atau dengan menggunakan keyboard Windows + N. 

Sedangkan untuk membuka quick akses sobat dapat mengklik icon jaringan, volume, dan baterai di taksbar atau dengan menekan tombol keyboard Windows + A. Quick setting berfungsi mengganti pengaturan dengan cepat tanpa harus membuka menu settings.


10. Mode Tablet 

Windows 11


Selain itu fitur unggulan windows 11 adalah mode tablet, dengan fitur ini para pengguna laptop tablet 2 in 1 dapat menggonta ganti laptop menjadi tablet dengan praktis dan cepat. Tampilan interface windows 11 akan berubah saat sobat mencopot layar laptop menjadi tablet.

pada saat mode tablet aktif maka icon pada tablet akan berubah menjadi lebih besar dan berjarak untuk memudahkan penggunaan dengan sentuhan jari tangan, selain itu juga ditambahkan getaran haptic ke pena digital dan serta pengetikan dengan suara.


11. Peningkatan Pengalaman Gaming di Xbox

Windows 11


Xbox gaming adalah platform milik microsoft. Pada windows 11, Xbox di kembangkan untuk dapat menghasilkan pengalaman yang lebih seru dan menarik di desktop.

Xbox di windows 11 menambahkan fitur Auto HDR dan Directstorage yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game di komputer windows.



Demikian 11 fitur dan kelebihan windows 11, apakah sobat tertarik untuk menginstal windows 11 di perangkat sobat?. Semoga informasi ini bermanfaat  ya, jangan lupa follow dan subscribe channel mashabibi. 

Follow dan Ikuti Channel Mashabibi