Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melamar Kerja Pertama Kali Untuk Pemula

Cara melamar kerja pertama kali untuk pemula

Setelah lulus sekolah atau kuliah hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencari dan mendapatkan pekerjaan layak. Kendala yang sering dialami oleh fresh graduate adalah bagaimana cara yang baik dan benar dalam melamar pekerjaan? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut dibawah ini ada cara melamar kerja pertama kali yang bisa kamu contoh.


Cara Melamar Kerja Pertama kali

Sebelum melamar pekerjaan ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan diantaranya : 

  1. Menyiapkan pas foto ukuran 3x4 dan 4x6 berwarna. Untuk warna baground bisa disesuaikan dengan permintaan perusahaan.
  2. Menyiapkan KTP dan fotocopy KTP.
  3. Menyiapkan fotokopi KK.
  4. Menyiapkan ijazah dan fotokopi ijazah sekolah terakhir.
  5. Mencari SKCK.
  6. Membuat surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Memfotokopi sertifikat keahlian yang dimiliki dan relevan dengan lowongan yang ingin kamu masuki misalnya sertifikat kompetensi akuntansi, sertifikasi komputer, sertifikat bahasa asing dan lain sebagainya. 
  8. Amplop coklat besar bertali.
  9. Klip kertas.
  10. Kertas folio untuk menulis surat lamaran pekerjaan, dari no 8-10 berlaku apabila mengirimkan lamaran secara manual jika lamaran dikirim lewat email tidak perlu menyiapkannya. 

Nah, jika sudah disiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk melamar kerja, yuk baca cara melamar kerja pertama kali berikut ini.


1. Mencari Lowongan Pekerjaan 

Setiap hari ada banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, kamu bisa memilih perusahaan dan posisi yang dirasa cocok untuk kamu. Catat alamat, syarat lamaran kerja, hak karyawan yang akan didapat, jam kerja kalau ada, tanggal kadaluarsa loker, dan pada siapa surat lamaran kamu ditujukan. 


2. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dan CV 

Cara melamar kerja pertama kali agar bisa sukses adalah membuat surat lamaran pekerjaan sebaiknya ditulis tangan pada kertas folio. Usahakan tulisan kamu rapi dan enak untuk dibaca. Sedangkan CV bisa diketik dengan perangkat elektronik. 

Dalam membuat CV usahakan isi dengan jujur resume kamu. Mulai dari data diri, riwayat pendidikan formal dan informal, serta riwayat pekerjaan sebelumnya jika punya. Jangan lupa untuk menyertakan kontak atau nomor telepon yang gampang dihubungi. 


3. Cari Informasi Seputar Perusahaan yang Kamu Incar

Pentingnya mencari informasi seputar perusahaan yang kamu inginkan adalah sebagai bekal jika sewaktu-waktu ketika sesi wawancara reqruiter akan bertanya perihal alasan kamu melamar di perusahan dan hal apa saja yang kamu ketahui tentang perusahaan itu.

Selain itu, mencari tahu lebih dini soal jam kerja, lingkungan kerja, peraturan di tempat kerja, hak dan kewajiban karyawan juga sangat penting supaya kamu bisa mengambil keputusan dengan bijak apakah mau lanjut atau tidak. 


4. Gunakan Koneksi yang Kamu Miliki 

Bukan rahasia lagi mencari pekerjaan saat ini itu sulit dan banyak orang yang mendapat pekerjaan dengan memanfaatkan koneksi mereka baik teman, saudara, maupun keluarga. Oleh sebab itu jika ada kenalan kamu yang bekerja di tempat yang kamu inginkan coba mintalah untuk "dibantu". 


5. Cari Informasi Tentang Upah Minimum atau UMR

Setiap daerah pasti menentukan UMR yang wajib dibayar kepada karyawan setiap tahun. Dengan mengetahui upah UMR kamu bisa memilih apakah perusahaan itu berani memberikan gaji UMR bahkan lebih atau tidak. Jika gaji yang diberikan di bawah UMR di luar bonus maka skip aja dan cari yang lain.  


6. Gunakan Pakaian Rapi Ketika Wawancara

Selain pengetahuan penampilan juga sangat penting. Cara melamar kerja pertama kali yang wajib diperhatikan adalah cara berpakaian ketika akan menghadiri wawancara.

Jika tidak ada ketentuan khusus harus memakai apa kamu bisa memilih pakaian yang rapi formal dan memilikinya warna soft, misalnya warna biru langit. Make up yang digunakan sebaiknya pilih yang natural tapi terlihat flawles hindari make up tebal, penggunaan perhiasan berlebih, dan parfum yang menyengat. 


Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Sesi Wawancara 

Dilansir dari https://wongcerdas.com ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika masuk sesi wawancara diantaranya : 

  1. Tidak boleh telat dari waktu yang sudah ditentukan. Datang lebih awal misal wawancara dimulai pukul 10 kamu bisa datang 30 menit lebih awal. 
  2. Tenang dan rileks jangan terlalu gugup. Jika merasa gugup ambil nafas dalam dalam dan hembuskan beberapa kali. 
  3. Ketika sudah masuk dalam ruangan perhatikan posisi duduk harus tegak dan sopan. 
  4. Gunakan bahasa formal dalam menyapa, menjawab, maupun bertanya. 
  5. Jangan menyanggah, memotong, atau menceritakan hal yang tidak ditanyakan oleh pewawancara. 
  6. Usahakan tetap anteng di tempat kamu jangan celingak-celinguk pegang barang sana sini apalagi jalan jalan ketika pewawancara pergi. 

Cara melamar kerja pertama kali mungkin akan terasa sulit dan melelahkan namun semua akan terbayar ketika kamu diterima kerja dan mendapatkan gaji pertama. Sekian dan terimakasih. 

Post a Comment for "Cara Melamar Kerja Pertama Kali Untuk Pemula"