Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Dan Memasang Favicon Pada Blog Atau Website

Membuat Dan Memasang Favicon Pada Blog Atau Website

Mashabibi.com - Cara membuat dan memasang favicon pada blog atau website adalah topik yang akan Mas Habibi bahas kali ini sob. Pertama kali saat saya membuat blog ini, saya tidak tahu dengan yang namanya favicon. 

Setelah beberapa Minggu ngeblog, akhirnya saya tahu apa itu favicon, dan bagaimana cara membuat dan memasang favicon pada blog atau website.

Tentunya membuat dan memasang favicon bukan hal yang mudah sobat lakukan, namun bukan juga hal yang susah untuk sobat praktikkan. Nah, sebelum melanjutkan ke cara pembuatan dan pemasangannya, sobat sudah tahu belum apa itu favicon?

Apa Itu Favicon?

Favourite Icon atau favicon ialah gambar ikon website atau blog yang berfungsi sebagai identitas sebuah website atau blog di hadapan visitor atau pengunjung. Favicon biasanya berukuran 16×16px, namun ada juga yang memasang favicon dengan ukuran 32×32px.

Favicon juga memerlukan index dari google atau browser lainnya Supaya bisa tampil pada hasil penelusuran suatu browser. Oleh karena itu, tidak cukup hanya dengan membuat dan memasang nya.

Melainkan sobat juga harus mengirim permintaan index favicon kepada sebuah browser lewat webmaster tools. Membuat dan memasang favicon pada blog atau website juga bisa bermanfaat. Mau tahu apa manfaat memasang favicon?


Manfaat Membuat Dan Memasang Favicon Pada Blog Atau Website

Berikut ialah manfaat yang bisa sobat dapatkan jika sobat membuat dan memasang favicon pada blog atau website sobat.

1.Sebagai Penanda Untuk Pengunjung Loyal

Pernahkah sobat mengingat sebuah website dengan melihat pada favicon nya?. Biasanya, pengunjung mengingat sebuah blog atau website dengan melihat favicon. Hal ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung loyal maupun pengunjung baru.


2.Menambahkan Kesan Profesional

Favicon yang bagus dan keren ternyata menambah kepercayaan pengunjung loh sobat. Ketika blog sobat tidak ada favicon, atau hanya gambar bola dunia. pengunjung tidak akan klik artikel blog sobat karena mereka merasa blog sobat tidak profesional. Hal ini juga sangat kita sayangkan karena traffic blog bisa menurun.

Masih sangat banyak lagi manfaat dari membuat dan memasang favicon pada atau website. Berikut ialah cara membuat dan memasang favicon pada blog atau website.


Cara Membuat Dan Memasang Favicon pada Blog Atau Website


1.Cara Membuat Favicon Pada Blog Atau Website

1.Siapkan Terlebih Dahulu Gambar Untuk Ikon persegi atau bulat, sobat bisa membuatnya pada aplikasi pixabay. Perlu sobat ingat bahwa gambar yang sobat siapkan harus persegi atau bulat.

2.Setelah itu, ubah format gambar menjadi format .Ico supaya bisa lebih mudah terbaca melalui favicon-generator.org

3.Kemudian klik pilih file ketika sudah berada pada alamat favicon-generator. Lalu ikuti seperti gambar dan klik » Buat Favicon.

Membuat Dan Memasang Favicon Pada Blog Atau Website

5.Klik download favicon, ini berarti sobat telah berhasil membuat favicon,hebat!. Setelah membuat favicon, Berikut ialah cara memasang favicon pada blog atau website.


2.Cara Memasang Favicon Pada Blog Atau Website

Ada dua cara untuk memasangkan favicon pada blog atau website. Yaitu dengan memasang lewat menu setelan dan memasang lewat html. Mas Habibi akan menjelaskan nya satu persatu.

1.Cara Memasang Favicon Lewat Menu Setelan

1.Login dahulu ke akun Blogger sobat masing-masing.

2.Kemudian masuk ke menu setelan » Klik Favicon di bawah menu ID Properti Google Analityc.

Membuat Dan Memasang Favicon Pada Blog Atau Website

3.Upload favicon yang telah sobat buat tadi.

4.Klik Simpan!


2.Cara Memasang Favicon Lewat HTML Template

1.Buat Halaman Baru (Bukan Postingan) » Upload Favicon yang telah sobat buat tadi.

2.Ambil Url gambar favicon melalui compose.

3.Setelah itu, masukkan url gambar tadi kedalam kode html Berikut.

<link href='url_favicon_sobat' rel='shortcut icon'/>
Ganti 'url_favicon_sobat' dengan url favicon yang tadi sobat dapat. Dan letakkan antara kode <head> dan </head>
4.Kemudian klik simpan.

Sobat harus meminta index homepage agar favicon cepat muncul. Namun, ada juga beberapa penyebab kenapa favicon tidak muncul, Berikut penyebab kenapa favicon tidak muncul.


Penyebab Kenapa Favicon Tidak Muncul Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah beberapa Penyebab kenapa favicon tidak muncul pada hasil penelusuran Google atau browser lainnya. padahal blog sobat sudah mengikuti cara membuat dan memasang favicon pada blog atau website yang benar.

1.Favicon Belum Terindex Google atau browser lainnya

Penyebab utama kenapa favicon blog sobat tidak kunjung muncul ialah belum terindeks oleh google atau browser lainnya. Sobat harus sering melakukan permintaan index homepage agar favicon muncul. Minimal 1 kali sehari sudah cukup. Lakukan secara rutin agar favicon bisa segera muncul.

2.Tidak Ada Tag Favicon Pada Template

Penyebab kedua ialah tidak adanya tag favicon pada template sobat. Coba periksa apakah ada tag Berikut pada template sobat.

<link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>

Jika belum ada, sobat bisa langsung menambahkan kode tersebut diantara kode <head> dan </head>

3. Salah Ukuran

Ukuran yang mesti sobat pakai pada favicon ialah 16 × 16 px atau 32 × 32 px. Saya sendiri menggunakan ukuran 32 px.

Bonus

Sebenarnya, cara membuat favicon mempunyai 2 cara, satu cara sudah saya jelaskan. Satu cara lagi adalah dengan menggunakan website zyro.com. caranya mudah, Berikut langkah-langkahnya.

Zyro.com adalah website pembuat logo. Namun kita bisa mengubah gambar logo tersebut menjadi ikon melalui favicon-generator.org

Cara Membuat Favicon Dengan Zyro.com

1.sobat akses dulu website zyro.com, kemudian klik » Buat Logo (karena kita tidak perlu mendaftar).

Membuat Dan Memasang Favicon Pada Blog Atau Website


2.Selanjutnya akan ada deretan logo, pilih salah satu, klik » spacebar jika sobat ingin melihat logo lain.

3.Klik » Continue jika sudah memilih logo, kemudian pilih warna, klik » Continue, lalu pilih shape atau bentuk » Continue, setelah itu klik download logo.

4.Untuk Mengubah logo tadi menjadi favicon dan memasangnya pada blog sobat. ulangi cara membuat dan memasang favicon pada blog atau website yang telah saya jelaskan.

Untuk cara ini, sobat juga bisa melakukan Kompress gambar agar ukuran bisa lebih kecil.

Demikian artikel cara membuat dan memasang favicon pada blog atau website, semoga bermanfaat, Assalamualaikum.wr.wb