Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ciri Laptop Terinfeksi Virus Serta Solusinya

Virus yang merajalela

Hai Sobat - Apakah laptop sobat mengalami keadaan yang aneh? dan apakah laptop sobat semakin lemot setiap kali digunakan?, hal tersebut terjadi akibat laptop sobat tidak dalam keadaan prima. 

Laptop akan menjadi lemot dan tidak prima dikarenakan banyak faktor yang terjadi. Hal pertama yang sobat harus lakukan adalah mengecek perangkat lunak dari laptop tersebut misalnya memeriksa anti virus, software yang terisntall, cache penggunaan dan lainnya.

Ada beberapa langkah yang dapat sobat lakukan untuk mengetahui apakah laptop sobat beneran terkena virus atau karena laptop sobat sudah layak untuk diganti (usang), berikut 10 cirinya:

Ciri - Ciri Laptop Terinveksi Virus

1. Laptop Lemot

Ciri yang paling dirasakan adalah karena laptop lemot dan ini terjadi karena virus sudah masuk dan menyebar keberbagai lokasi di perangkat lunak laptop tersebut. untuk mengetahui keberadaan virus ini sobat dapat melakukan full scan dengan aplikasi antivirus yang terinstall di laptop sobat. kemudian hapus virus tersebut.

2. Muncul Banyak Iklan di laptop 

Jika iklan muncul di perangkat laptop sobat maka berhati hatilah karena iklan tersebut dapat membawa virus untuk laptop sobat, biasanya iklan ini muncul di pojok kanan bawah layar sobat sebagai message notifikasi. 

Biasanya iklan yang muncul ini datang ke perangkat sobat akibat sobat mendownload file di situs yang tidak resmi. untuk itu berhati hati setiap sobat berseluncur di internet menggunakan browser.

untuk mengatasi ini sobat dapat melakukan clear browser secara full (advance). kemudian untuk mengantisipasi apakah virus sudah menyebar sobat dapat melakukan scan dengan antivirus yang sudah terinstall di perangkat sobat.

3. Antivirus Mendadak Mati

Hal ini jarang sekali terjadi, namun jika ini terjadi pada sobat silahkan sobat On kan kembali kemudian lakukan Full Scan pada perangkat sobat dengan antivirus tersebut dan pastikan virus belum menyebar terlalu jauh.

4. Ada Program Yang Tidak Biasa

Saat laptop sobat lemot dan sobat mengetahui ada program atau aplikasi yang tidak pernah sobat lihat ada di komputer sobat maka itu sangatlah berbahaya karena dari program atau aplikasi tersebutlah virus datang dan program itu juga bentukan dari virus. segera sobat buka control panel dan instal aplikasinya lalu lakukan full scan dengan anti virus kemudia clear histori semua browser sobat.

Hal tersebut dapat terjadi akibat sobat sembarangan mendownload file di situs tidak resmi.

5. File Hilang Atau Terkunci

Jika virus bener bener sudah menyusup ke perangkat komputer/laptop sobat maka hal yang biasa terjadi adalah virus akan mengganggu fille yang ada di perangkat sobat. virus dapat mengunci, menghidden/ menhilangkan file sobat. lakukan full scan dengan anti virus untuk memunculkan kembali file sobat yang dihidden/disembunyikan virus.

6. File Rusak Atau Corrupt

Selain dari internet, virus juga biasanya di sebarkan melalui flasdis yang terinfeksi dan masuk ke komputer sobat. biasanya plasdisk yang terinfeksi terjadi karena pernah digunakan di komputer lain  yang terinveksi.

Virus dapat menyerang berbagai macam bagian di perangkat lunak komputer misalnya saja file / dokumen penting milik sobat sehingga mengakibatkan file rusak/corrupt. file yang rusak/corrupt akibat virus akan sangat sulit untuk di kembalikan ke keadan semula. Jadi berhati-hati lah dalam menggunakan flasdisk.

7. Hardisk Tiba-Tiba Penuh

Hardisk tiba-tiba penuh padahal file di ruang hardisk sedikit. ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama akibat chache tidak pernah dibersihkan dan yang kedua akibat virus yang menyerang. jika ini terjadi sobat dapat mengatasinya dengan cara sebagai berikut: 

- buka Localdisk C:Documents and Settings/All Users/Application Data/Sunbelt/AntiMalware/Quarantine Hapus Semua Yang Di Folder ( Quarantine ) Dan ( History ),  kemudian hapus semua file yang ada didalam folder itu.

8.  Kinerja Prosesor Selalu Penuh

Kinerja prosesor yang mengakibatkan laptop menjadi lemot biasnya dia akibat kan karena windows update, namun selain itu juga bisa diakibatkan karena adanya virus. jika itu di karenakan virus sobat dapat melakukan full scan dengan begitu akan membantu mengurangi beban kerja prosesor.

9. Ram Selalu Penuh

Ram pada laptop yang akan menjadi lambat apabila ada virus yang menyerang laptop sobat. virus jenis ini biasanya bekerja saat laptop dinyalakan sehingga komputer /laptop berjalan tidak normal. cara mengatasinya sobat hanya perlu melakukan full scan dengan antivirus. 

10. Sering Restart dan Mati Mendadak Hingga Blue Screen

Hal ini terjadi akibat virus sudah masuk dan merjai localdisk C: dan sudah menyerang bagian vital dari windows sobat dan juga sudah membuat laptop sobat takluk. sehingga sering mengalami restart dan blue screen. jika hal ini terjadi sobat dapat melakukan instalasi ulang windows di laptop sobat.

 

Cara yang paling ampuh dari semua masalah-masalah di atas jika sudah melakukan scan dengan antivirus, clear histori browser, clear cache /sampah di local disk C, 

Namun masih mengalami hal yang serupa atau masih tetap lemot sobat dapat melakukan solusi terakhir yaitu menginstall ulang perangkat laptop /komputer sobat. Hal ini akan lebih simpel dilakukan agar kodisi komputer sobat fresh dan prima lagi. 

 Demikian 10 Ciri Laptop Terinveksi Virus Dan Cara Mengatasinya, semoga dapat membantu untuk para sobat yang mengalami. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat