Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Menghilangkan Najis Berdasarkan Pembagiannya

Cara menghilangkan najis anjing
Dalam agama Islam yang namanya Najis ialah suatu benda yang kotor Menurut Syara',Misalnya ialah Bangkai (Kecuali manusia,ikan dan belalang).

Darah,Nanah,Segala sesuatu yang keluar dari qubul dan dubur,Anjing dan Babi,Alkohol,dan sebagainya juga termasuk Najis.

Sehingga ketika terkena najis,Ummat Islam dilarang untuk melakukan ibadah,Lebih dulu harus menyucikan najis tersebut teelebih dahulu.

Tata cara menghilangkan najis,baik itu cara menghilangkan najis mughallazah,cara menghilangkan najis Mukhaffafah,atau cara menghilangkan najis Mutawassitah pun dapat disucikan berdasarkan jenis najisnya,dalam Islam najis dibagi menjadi 3 jenis,Yaitu
  1. Najis Mughallazah (Najis berat)
  2. Najis Mutawassitah (Najis sedang)
  3. Najis Mukhaffafaf (Najis ringan)
Tata cara menyucikan ketiga najis tersebut pun berbeda-beda,alangkah baiknya kamu mengetahui tentang tata cara membersihkan najis ketiga tersebut agar kamu selalu dalam keadaan suci lagi menyucikan ketika menghadapkan diri kepada Allah Swt.

Pembagian Najis

1.Najis Mughallazah

Najis Mughallazah (Najis berat) ialah najis yang bersumber pada anjing dan babi begitu juga keturunannya.

2.Najis Mutawassitah

Najis Mutawassitah (Najis sedang) ialah najis yang bersumber ataupun keluar dari kubul dan dubur Manusia maupun binatang, kecuali air mani.

Barang cair yang memabukkan,susu hewan yang tidak halal dimakan,bangkai juga tulang dan bulunya juga termasuk najis Mutawassitah kecuali bangkai manusia,ikan serta belalang.

Najis Mutawassitah terbagi menjadi dua,yaitu:
  1. Najis 'Ainiyah,ialah najis yang berwujud,yakni yang tampak dan dapat dilihat.
  2. Najis Hukmiyah,ialah najis yang tidak kelihatan bendanya,seperti bekas kencing,atau arak (alkohol) yang sudah kering dan sebagainya.

3.Najis Mukhaffafah

Najis Mukhaffafah (Najis ringan) ialah najis yang bersumber dari air kencing bayi laki-laki yang belum berumur 2 tahun dan belum pernah memakan sesuatu kecuali air susu ibunya.


Cara Menghilangkan Najis Berdasarkan Pembagiannya

1.Cara Menghilangkan Najis Mughallazah

Barang yang terkena najis Mughallazah seperti jilatan anjing dan babi,wajib dibasuh 7 kali dan salah satu diantaranya dengan air yang bercampur tanah.

2.Cara Menghilangkan Najis Mutawassitah

Barang yang terkena Najis Mutawassitah dapat disucikan dengan cara dibasuh sekali,asal sifat-sifat najisnya (warna,bau dan rasanya) itu hilang.

Adapun dengan cara tiga kali cucian atau siraman lebih baik.

Jik najis hukmiyah,cara menghilangkannya cukup dengan mengalirkan air saja pada najis tadi.

3.Cara Menghilangkan Najis Mukhaffafah

Barang yang terkena Najis Mukhaffafah,cukup diperciki air pada tempat najis tersebut.

Penutup

Najis merupakan suatu hal yang sangat penting yang perlu kamu perhatikan,Selain itu,kamu juga perlu mengetahui cara menghilangkan najis mughallazah, Mutawassitah,dan Mukhaffafah supaya ibadah kamu diterima oleh Allah Swt. Assalamualaikum.wr.wb

Post a Comment for "Tata Cara Menghilangkan Najis Berdasarkan Pembagiannya"